Mahasiswa FK UNRI PBL di Riaupulp

563 views

PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – Dalam rangka persiapan menghadapi Kepaniteraan Klinik Senior, sebanyak 9 (sembilan) orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK UNRI) semester akhir didampingi Dekan FK UNRI dr Andi Zainal, SpPD-KGEH serta beberapa dosen melakukan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di PT Riau Andalan Pulp And Paper (Riaupulp), Selasa (29/5). 

Di Riaupulp rombongan mahasiswa FK UNRI tersebut mengikuti presentasi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta program kesehatan perusahaan.

Dalam sambutannya, CSR Director Riaupulp Amru Mahalli didampingi Campus Relation Head Samsurya M Hasyim dan PR Coordinator Salomo Sitohang mengatakan, kesediaan Riaupulp menerima kunjungan PBL FK UNRI merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan perusahaan dalam upaya peningkatan kualitas SDM.

Kepedulian Riaupulp terhadap kemajuan dunia pendidikan di Riau sudah dilakukan sejak berdirinya perusahaan melalui berbagai program pendidikan seperti program beasiswa, bantuan peralatan sekolah, pembangunan dan perbaikan gedung sekolah, pemberian honorarium guru bantu di desa terpecil termasuk juga mengirimkan karyawan menjadi dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di Riau.

Hal ini, tegas Amru, seiring komitmen Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat yang dipegang teguh Riaupulp dalam menjalankan bisnisnya sebagai bagian wujud tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR)

Dibagian lain Amru mengatakan, sebagai salah satu perusahaan yang menganut manajemen keterbukaan, Riaupulp senantiasa membuka diri terhadap stakeholder termasuk kalangan dunia pendidikan maupun perguruan tinggi yang ingin melihat dan mengetahui keberadaan perusahaan dari dekat. Riaupulp telah banyak mengadakan dialog dan silaturahmi dengan berbagai komponen stakeholder seperti tokoh masyarakat, mahasiswa, pelajar, pers, LSM, unsur pemerintah dan lapisan masyarakat lainnya, ungkapnya

Ditambahkannya, sebagai salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar, Riaupulp dalam menjalankan bisnisnya tidak semata-mata hanya mengutamakan faktor keuntungan (profit), melainkan berpegang teguh pada prinsip 3P yang selama ini dianut Riaupulp.

3P ini meliputi People, Planet & Profit. Artinya, dalam menjalankan bisnis Riaupulp tidak hanya mengutamakan profit akan tetapi senantiasa memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Sementara Dekan FK UNRI dr Andi Zainal SpPD-KGEH menyambut baik keterbukaan dan kepedulian Riaupulp terhadap kemajuan dunia pendidikan dan perguruan tinggi termasuk FK UNRI yang dipimpinnya. Menurutnya, keberadaan industri Riaupulp masih memiliki keterkaitan dengan materi kuliah di FK khususnya dari aspek pelaksanaan K3 dan program kesehatan yang diberikan perusahaan terhadap karyawan, ujarnya.

Materi ini sebagai salah satu bahan persiapan menghadapi Kepaniteraan Klinik Senior mahasiswa tingkat akhir di FK UNRI. Dibagian lain, dr Andi juga mengatakan pihaknya senantiasa terbuka untuk diajak bekerjasama oleh perusahaan khususnya dalam bidang kesehatan.

Dalam kunjungan PBL tersebut rombongan mahasiswa FK UNRI berkesempatan mendapatkan penjelasan tentang gambaran umum perusahaan dan presentasi tentang K3 yang disampaikan LP& C Manager Riaupulp J Lesmar dan program kesehatan perusahaan yang disampaikan oleh dr Taruna.(Ad)

 

Posting Terkait