Mahasiswa Teluk Meranti dan IPMPB Harapkan RAPP Kelola Semenanjung Kampar

615 views
Mahasiswa Teluk Meranti dan IPMPB

Mahasiswa Teluk Meranti dan IPMPB

PEKANBARU (RiauInfo) – Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Teluk Meranti dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Pelalawan Bersatu berharap agar PT.RAPP dapat mengelola Semenanjung Kampar dengan baik sembari memberikan kontribusi nyata bagi kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.
Pernyataan ini disampaikan Rudi Hartono, Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Teluk Meranti dan Syamsir, Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Pelalawan Bersatu dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan di Pekanbaru, Minggu (13/12).

Dikatakan keduanya, kondisi ril di lapangan saat ini, hutan di kawasan tersebut sudah sangat parah dan porak poranda, setelah mereka menyaksikan secara langsung melalui udara selama sekitar tiga jam. pada Minggu pagi (13/12)

“Faktanya memang hutan dalam kawasan Semenanjung Kampar sudah porak poranda. Kami prihatin dan miris menyaksikan kondisi alam di kampung kami ini,” ujar Rudi Hartono yang diamini Syamsir.

Kedua mahasiswa itu memang berkesempatan ikut dalam fly over bersama LSM Patriot dan LSM Sutan Syarif Qasim menggunakan hellycooper PT.RAPP, setelah sehari sebelumnya mengikuti dialog tentang pengelolaan Semenanjung Kampar.

Kedua mahasiswa yang mewakili organisasinya ini menilai jika kondisi hutan tersebut dibiarkan, di kemudian hari akan menimbulkan masalah lingkungan yang jauh lebih rumit. Sebab itu mereka berharap perlunya dilakukan sistem pengelolaan Semenanjung Kampar secara efektif dan efesien dengan memadukan kehandalan sumber daya manusia (SDM) dan teknologi.

“Kami berharap pengelolaan Hutan Tanaman Indsutri (HTI), yang dilakukan PT.RAPP di Semenanjung Kampar dapat mengatasi ancaman kerusakan lingkungan di sana,” harapnya.

Namun demikian mereka berdua menegaskan agar dalam melaksanakan operasional di daerah itu, PT.RAPP memperhatikan pula peri kehidupan masyarakat di sana dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan warga.

“Kami tahu PT.RAPP sudah melakukan berbagai-bagai kegiatan sosial dan bantuan di kampung kami itu, namun jangan anggap itu sudah cukup. Ada banyak hal lain yang patut menjadi perhatian PT.RAPP dalam peningkatan taraf hidup serta kualitas pendidikan warga masyarakat di sana,” ungkap Syamsir.

Di akhir penjelaskannya, kedua mahasiswa ini mengatakan, berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di negeri ini, jika keberadaan dan kegiatan PT.RAPP di Semenanjung Kampar memang sudah sesuai prosedur, mereka meminta agar PT.RAPP dapat merangkul semua komponen masyarakat di sana agar operasional perusahaan berlangsung dengan baik.

“Jika semua komponen masyarakat sudah merasakan dampak positif keberadaan PT.RAPP di sana, kami sangat yakin tidak ada pihak lain yang akan bisa membenturkan sesama mereka. Kami dari mahasiswa tempatan juga akan mendukung kegiatan tersebut sepanjang perusahaan komit dan konsisten untuk memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan seluruh warga di sana,” pungkas Rudy dan Syamsir.(ad)

Posting Terkait