Makin Sepi Pasaran Elektronika Bekas di Pasar Bawah

445 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bila selama ini Pasar Bawah dikenal sebagai tempat penjualan barang-barang elektronika bekas berharga miring, sekarang tidak lagi. Bahkan di pasar yang terletak dekat Pelabuhan Pekanbaru ini mulai sulit ditemukan kios-kios penjualan barang elektronika bekas. 

Wartawan RiauInfo yang melakukan pemantauan Rabu (14/3) di pasar itu melihat langsung hanya beberapa kios saja yang masih menjual barang-barang elektronika bekas. Itupun hanya sebatas televisi dari berbagai merek saja.

Padahal selama ini tidak hanya televisi saja yang dijual, tapi juga jenis-jenis elektronika lainnya seperti kulkas, mesin foto kopi, mesin cuci, dan sebagainya. Kios-kios semacam ini tidak hanya berada di seputaran pasar bawah saja, tapi juga di Pasar Tengah.

Abdul (58) salah seorang pemilik kios elektronika bekas saat ditemui mengatakan, pasaran elektronika bekas sekarang ini memang sedang sepi. Hal ini disebabkan sulitnya mendapatkan barang-barang elektronika bekas itu.

Selama ini menurut dia, barang-barang itu didapatkan dari Singapura yang langsung dibawa kapal-kapal ke Pelabuhan Pekanbaru. Tapi akhir-akhir ini pihak bea cukai sering melakukan razia di laut, sehingga hanya sedikit barang bisa lolos ke sini.

“Dulu waktu tidak sering terjadi razia, hampir setiap minggu kapal merapat pelabuhan ini membawa barang-barang elektronika bekas itu,” ujarnya. Tapi sekarang tidak ada pemilik kapal yang berani mengangkut barang-barang itu lagi.(Ad)

 

Posting Terkait