Malaysia Akan Bangun Pembangkit Listrik Berkekuatan 5.400 MW di Inhil

539 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dalam waktu dekat ini investor asal Malaysia akan membangun pembangkit listrik berkekuatan 5.400 MW di Selensen, Indragiri Hilir (Inhil). Program kerjsama jangka panjang selama enam tahun itu akan dimulai pada bulan Juni mendatang.


Hal ini terungkap dari hasil pertemuan antara Bupati Inhil Indra M Adnan dengan pihak investor Malaysia pimpinan Mohd Badri di Pekanbaru beberapa hari lalu. Dalam pertemuan itu disebutkan Malaysia akan membangun energi listrik sampai tahun 2017 mendatang.

Untyuk tahap awalnya sudah disepakati pendirian sebuah perusahaan yang akan mengelola pembangunan pembangkit listrik itu bernama PT Moretek Indragiri dengan komposisi saham 70 persen Malaysia dan 20 persen Indonesia. Diperkirakan bulan Juni ini pembangunannya sudah bisa dimulai.

Kapasitas listrik pertama yang akan dibangun adalah sebesar 100 MW yang kemudian akan dilanjutkan lagi dengan kapasitas 2.400 MW, dan pada akhirnya nanti akan mencapai 5.400 MW dengan perkirakan biaya sebesar Rp78 triliun.

Listrik yang dihasilkan nanti akan dibagi dua, masing-masing sebesar 2.400 MW untuk Indonesia dan 3000 MW untuk Indonesia. “Kita berharap rencana ini akan segera terujud, karena listrik memang benar-benar kita butuhkan,” ungkap Mohd Badri.(ad)

Posting Terkait