Malaysia Jajaki Investasi Listrik di Riau

189 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Investor dari berbagai negara kian banyak menawarkan diri untuk berinvestasi tenaga listrik di Riau. Selain dari negara Qatar dan RRC beberapa waktu silam menawarkan dirinya, Selasa (20/10/09) ini investor yang menawarkan investasi pengelolaan energi listrik ke Pemprov Riau adalah dari Malaysia.

Minat investor asal Negeri Jiran itu disambut baik oleh Pemprov Riau dalam pertemuan di kantor Gubernur Riau. Pertemuan yang dipimpin Wakil Gubernur Riau Mambang Mit tersebut merupakan tahapan awal mengenai sektor investasi listrik di Riau. Sehingga para investor akan menindaklanjutinya dengan survei lokasi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu.

Menurut Mambang Mit, investor asal Malaysia dengan bendera perusahaan Malakof itu merupakan perusahaan yang cukup berpengalaman mengelola sumber energi listrik di Malaysia. Dimana sekitar 25 persen kebutuhan listrik Malaysia merupakan dibawah pengawasan perusahaan tersebut.

Untuk PLTU yang akan didirikan di Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu Riau tersebut, sejak awal akan menggunakan sumber daya alam berupa batu bara. Kepala Distamben Riau Abdul Lafiz mengatakan, rencana pembangunan PLTU ini telah diajukan ke PLN Pusat dan Pemerintah. Namun masih menunggu perubahan peraturan dari presiden tentang listrik negara.

Sedangkan UU kelistrikan yang baru dikeluarkan pada 2009 ini merupakan kebebasan daerah untuk melakukan pengelolaan tenaga listrik. Sehingga peluang untuk mengelola listrik ini terbuka lebar dan menumbuhkan minat investor, seperti Malaysia tersebut.(Surya)

Posting Terkait