Malaysia Tak Serius Bangun Pelabuhan Roro Melaka

440 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Malaysia tampaknya tidak serius dalam membangun pelabuhan Roro Melaka yang akan berhubungan dengan pelabuhan Roro Dumai. Ini terkait dengan masalah infrastruktur dan keamanan pelabuhan yang masih perlu dipertanyakan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Riau Emrizal Pakis tidak menampik adanya penyempurnaan-penyempurnaan yang mesti dilakukan pihak Melaka, Malaysia. Diantaranya seperti pelabuhan, keamanan, standar kapal.

Dipaparkannya, pelabuhan yang dipersiapan pihak Melaka adalah eks perikanan. Sementara, selain tidak standar untuk penyeberangan kapal yang melibatkan antara dua negara, juga kapal yang digunakan cendrung kecil. Hal demikian, tentu saja membahayakan tingkat keselamatan penumpang.

“Pada dasarnya untuk Roro yang ada di Dumai tidak ada masalah, hanya untuk Melaka perlu penyempurnaan lagi. Seperti kapal, pelabuhan yang kita nilai belum standar, keamnaan, seperti halnya yang ada di Kuala Lingga,” terangnya saat dijumpai di Kantor Gubri, Selasa (29/9).

Menanggapi hal tersebut, dalam waktu dekat Gubri akan bertemu langsung Ketua Menteri Melaka, guna membahas masalah penyeberangan Roro di kedua negara itu. “Gubri nanti akan berangkat ke Melaka bertemu dengan Ketua Menteri Melaka guna menyelesaikan masalah tersebut,” ujarnya.

Hampir bersamaan dengan itu juga, Gubri HM Rusli Zainal juga direncakan akan berangkat ke Melaka guna memenuhi undangan dari pemerintah setempat pada 13-15 Oktober mendatang. Diharapkan juga, dengan adanya beberapa kesempatan tersebut persoalan Roro yang masih terkdendala bisa di atasi, demikian penjelasan Emrizal.(ad)

Posting Terkait