Masakan Jawa Mulai Kalahkan Dominasi Masakan Minang di Pekanbaru

441 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jika selama ini rumah makan yang menyuguhkan masakan Padang sangat mendominasi kota Pekanbaru, dalam dalam beberapa tahun terakhir ini kondisi itu sudah berubah. Kini rumah makan masakan Jawa sudah makin menjamur di kota ini.

Hampir di setiap sudut kota Pekanbaru kini bermunculkan rumah makan dan pojok-pojok makanan yang menyuduhkan masakan Jawa. Bahkan beberapa diantaranya sudah berdiri sejak beberapa tahun lalu, misalnya Wong Solo, Putri Solo, Sate Solo, Pondowo, Pasundan, dan banyak lainnya.

Ini belum lagi pojok-pojok makanan yang muncul di emperan-emperan toko pada malam hari dan menyuguhkan berbagai masakan jawa seperti pecal lele, nasi uduk, ayam penyet, gule bebek, bakso goreng, bakso bakar, ketoprak, dan beberapa jenis masakan lainnya.

Menariknya, pengemar masakan Jawa itu ternyata cukup banyak. Lihat saja di Ayam Penyet Masakan Semarang yang terdapat di Jalan Imam Munandar, setiap malam ratusan warga datang ke tempat itu. Begitu juga di tenda-tenda Nasi Uduk yang makin menjamur di Pekanbaru, selalu ramai dikunjungi.

Aries (19) salah seorang mahasiswa Unri yang tinggal di tempat kos-kosan di Pekanbaru mengaku sangat menikmati jika malam di tempat-tempat itu. “Biasanya saya makan di rumah makan Padang. Ketika mencoba masakan Jawa eh rupanya ketagihan,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait