Masyarakat Dimintai Waspadai Hujan dan Petir

504 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya dimintai mewaspadai cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini, dimana sering terjadi hujan deras disertai petir. Cuaca buruk seperti ini diperkirakan akan terjadi selama bulan April ini.


Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisi (BMKG) Pekanbaru, saat ini wilayah Pekanbaru masuk dalam masa transisi atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Selama musin transisi ini hujan lebat disertai angin kencang dan petir sering terjadi.

Staf Analisa BMKG Pekanbaru, Marzuki kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, setiap masa transisi, intensitas hujan yang turun lebih pedek namun curah hujan cukup tingi yang disertai kilat dan angin kencang. “Kondisi cuaca ini harus diaspadai,” ujarnya.

Suhu pada siang hari yang snagat panas akan menyebabkan tingginya penguapan sehingga terjadi awan konveksi yang menimbulkan hujan lebat dan angin kencang tersebut. Kecepatan angin berkisat antara 30 hingga 50 m per jam dan berpotenasi jadi angin puting beliung.

Selama April sifat hujan di Pekanbaru dan umumnya Riau curah hujan berkisar dari hjan ringan hingga sedang. Curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebar terjadi di wilayah Riau bagian barat laut dan bagian selatan. Sementara di Pekanbaru intensitas hujan masi bersifat lokal.(ad)

Posting Terkait