Masyarakat Harus Ikut Lestarikan Ekosistem Laut

PEKANBARU (RiauInfo) – Laut bagi masyarakat pesisir, seperti di Kabupaten Bengkalis merupakan sumber penghidupan. Tidak sedikit warga daerah ini mencari nafkah di laut sebagai nelayan. 

Mengingat penting laut bagi kehidupan masyarakat, Sekretaris Daerah Bengkalis, H Sulaiman Zakaria, mengajak seluruh masyarakat di daerah ini untuk menjaga kelestarian lingkungan atau ekosistem laut.

Ajak itu disampaikan Sulaiman usai membuka lomba memancing di perairan pantai Delux, Desa Jangkang, Kecamatan Bantan, Minggu (18/1). Dikatakannya, laut menyimpan berbagai potensi yang sangat banyak dibutuhkan oleh manusia.

“Agar potensi itu dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan, maka kelestarian ekosistemnya harus dijaga. Tugas dan tanggungjawab untuk itu, ada pada kita semua”, ungkap Sulaiman.

Untuk itu kepada nelayan di daerah ini, Sulaiman mengimbau sumberdaya yang ada tersebut, tidak dieksploitasi secara berlebihan serta harus dikelola dengan sebaik-baiknya. Tidak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan

“Jangan menangkap ian secara destruktif seperti dengan menggunakan bom, potas, bius dan sebagainya, karena akibat tindakan seperti itu yang akan rugi kita sendiri. Sebab, disamping dapat merusak ekosistem laut, penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, bisa memicu timbulnya konflik”, pesannya.

Adapun tindakan nyata yang dapat dilakukan masyarakat untuk turut menjaga kelestarian ekosistem laut ini, kata Sulaiman, diantaranya tidak merusak hutan bakau yang ada.

“Serta tidak membuang sampah ke laut. Laut itu bukan tempat sampah, tapi sumber penghidupan bagi kita semua. Buang jauh-jauh anggapan bahwa laut itu adalah tong sampah”, tegas Sulaiman.(ad)

Posting Terkait