Melaka Food Festival Digelar di Pekanbaru

577 views

news9820PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk mempromosikan pariwisatanya, pemerintah Melaka (Malaysia) menggelar Melaka Food Festival di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Festival ini dibuka secara resmi Kamis (18/6) malam oleh Ketua Menteri Melaka, Y.A.B Datuk Seri Hj.Mohd Ali Bin Mohd Rustam.

Dalam kesempatan itu, Mohd Ali menyebutkan, kultur antara masyarakat Riau dengan Melaka sebenarnya tidak jauh berbeda. Karena itu dirinya berharap hubungan silaturahmi antar keduanya bisa berlangsung semakin erat lagi dengan saling kunjung mengunjungi.

Dia menyebutkan di Malaka selain tersedia berbagai objek wisatayang menarik, seperti wisata sejarah, budaya, tempat rekreasi, kesehatan dan sebagainya, juga dikembangkan wisata “makan-makan” atau kuliner yang dapat dinikmati masyarakat Riau saat berkunjung ke Melaka.

Karena itulah dalam kesempatan ini dia sengaja memperkenalkan jenis-jenis makanan khas Melaka kepada masyarakat Riau dengan menggelar acara “Melaka Food Festival” ini. “Diharapkan dengan adanya festival ini, minat masyarakat Riau berkunjung ke Melaka akan semakin besar,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, untuk saat ini jenis masakan yang sangat terkenal di Melaka adalah ikan asam pedas yang berbahan baku berjenis ikan, seperti ikan padang, ikan kembung dan sebagainya. Masyarakat Melaka sangat menyukai jenis masakan ini untuk disantap kapan saja.

Bahkan tidak hanya masyarakat Melaka saja, masyarakat dari negara bagian lainnya di Malaysia, seperti dari Pahang, Johor Baru bahkan juga dari Singapura datang ke Melaka hanya untuk menikmati asam pedas ala masakan koki-koki Melaka.

Sementara itu, Gubernur Riau HM Rusli Zainal diwakili Staf Ahli Bidang Peningkat Pemprov Riau, Zailani Arisyah sangat mendukung kegiatan yang digelar pemerintah Melaka ini. “Kegiatan ini tentunya akan menambah keeratan hubungan antara Melaka dan Riau,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, selama ini hubungan antara Melaka dan Riau memang sudah sangat erat, karena kedua masyarakatnya punya kultur yang sama dan jaraknya juga sangat berdekatan. Bahkan jenis masakannya juga banyak yang sama.(ad)

Posting Terkait