Memperlihatkan Air Baku Dan Hasil Produksi

822 views

8

LUBUKMUDA — Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Selasa (30/12/2014) meresmikan dimulainya pengoperasian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bengkalis Unit Kecamatan Siak Kecil.

Peresmian PDAM Unit Siak Kecil tersebut ditandai dengan penyerahan aset dari Kepala Sakter PKPAM Irwan Sipahutar kepada Bupati Bengkalis. Kemudian dilanjutkan dari Bupati Bengkalis kepada Direktur PDAM Kabupaten Bengkalis Nova Novianti.

Peresmian PDAM Unit Siak Kecil yang berlokasi di Jalan Tayib Syahri Desa Tanjung Belit itu juga ditandai dengan pemotongan pita pembukaan kantor dan ruang kerja staf PDAM Unit Siak Kecil oleh Bupati Bengkalis bersama Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis H Mukhlis.

Selain Kadis Pekerjaan Umum HM Nasir, Kadis Pertanian dan Peternakan H Arianto, Kaban Kependudukan dan Pencatatan Sipil Rinaldi serta Camat Siak Kecil Alphi Mudhor, ikut hadir pada peresmian PDAM Unit Siak Kecil tersebut Sekretaris Daerah Bengkalis H Burhanuddin.

Herliyan dalam sambutannya mengatakan, pembangunan PDAM unit Siak Kecil merupakan salah satu wujud tanggungjawab pemerintah termasuk Pemkab Bengkalis untuk memenuhi kebutuhan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

“Pemenuhan kebutuhan dan ketersediaan infrastruktur air bersih merupakan jaminan pelayanan kepada masyarakat serta menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Bengkalis. tegas Herliyan.

Dikatanya, saat ini dari 8 kecamatan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, setakat ini sudah 6 enam kecamatan yang memiliki infrastrukur pengolahan air bersih. Namun karena terkendala sumber air baku, belum dapat dioperasikan. Yaitu Kecamatan Bantan dan Rupat
Utara.

“Agar masyarakat di Bantan dan Rupat Utara dapat menikmati air bersih seperti di Siak Kecil, saya harapkan Direktur PDAM bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum mencarikan solusi untuk sumber sumber air bakunya agar secepatnya dapat dioperasikan”, pinta Herliyan.

Khusus untuk PDAM Cabang Sungai Pakning, Herliyan berharap agar segera dapat melayani masyarakat yang ada di Kelurahan Sungai Pakning dan Desa Sungai Selari. “Saya minta tahun 2015 sudah diwujudkan”, tegasnya.

Sementara Direktur PDAM Kabupaten Bengkalis Nova Novianti menjelaskan, investasi pembangunan PDAM Unit Siak Kecil sekitar Rp. 11 M dan Rp 3 M diantara berasal dari APBD Kabupaten Bengkalis. Sedangkan sisanya Rp. 8 M dari APBN melalui Satuan Kerja PKPAM.

Masih kata Novi, kapasitas instalasi Pengolahan Air PDAM Unit Siak Kecil sebesar 10 liter per detik. Dapat memenuhi 800 pelanggan. Saat ini sambungnya, sudah ada 311 pelanggan eksisting yang masih dilayani PDAM Cabang Sungai Pakning.

“Setelah peresmian ini, pelayanan untuk 311 pelanggang tersebut segera diserahkan ke PDAM Siak Kecil”, papar Novi.

Novi juga menjelaskan, pada Januari 2015, akan dilakukan pemasangan sambungan rumah (SR) gratis bantuan Pemkab Bengkalis. Untuk Siak Kecil sebanyak 263 SR.

“Secara keseluruhan jumlah SR gratis bantuan Pemkab Bengkalis ini sebanyak 1.500 SR. Tapi untuk Siak Kecil hanya 263 SR. Sedangkan sisanya untuk masyarakat di kecamatan lain, seperti Rupat dan Bengkalis”, ujar Novi.

Posting Terkait