Memungkinkan Orang Malaysia Bermobil ke Pekanbaru

524 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejak memimpin Riau selama satu periode, Rusli Zainal punya perhatian besar terhadap pembangunan infrastruktur di Riau. Dia merasa yakin dengan dibangunnya banyak infrastruktur, maka perekonomian daerah ini akan berkembang dengan pesat.

Hal itu dikatakannya saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Konfercab PWI Riau yang digelar belum lama ini di Hotel Pangeran Pekanbaru. Rusli mengakui sudah banyak infrastruktur yang telah dibangun, baik di wilayah pesisir Riau maupun di daratan.

Bahkan kini telah dibangun Pelabuhan Roro di Dumai yang akan memudahkan arus transportasi dari Riau ke Malaka (Malaysia). Dengan adanya pelabuhan Roro ini memungkin warga Riau berkunjung ke Malaysia dengan menggunakan mobil. Begitu sebaliknya, orang Malaysia dapat datang ke Riau dengan mobil.

“Jadi nanti jangan kaget kalau di jalan-jalan Pekanbaru sering ditemukan mobil-mobil bernomor polisi Malaysia hilir mudik,” jelasnya. Makin lancarnya arus transportasi antara Riau dan Malaysia tentunya akan berdampak pada peningkatan perekonomian di Riau.

Selain itu, saat ini sudah dibangun pelabuhan internasional di Bagansiapi-api yang dilayari kapal penumpang dengan trayek Bagansiapi-api-Port Klang (Malaysia). Hanya dalam waktu beberapa jam saja, warga Riau bisa mencapai Malaysia.

Ini membuktikan pembangunan yang dilakukan di Riau berdasarkan azas manfaat, bukan karena kedaerahan. Rusli menyadari potensi ekonomi Riau sangat besar, ini tentunya perlu dikembangkan dengan melengkapi infrastrukturnya.

Selama ini menurut dia, pembangunan infrastruktur di Riau memang sangat lamban. Tapi sejak kepemimpinannya, pembangunan infrastruktur itu terus dikejar, sehingga kini Riau sudah berkembang dengan pesat. “Dari dulu saya memang punya perhatian besar terhadap infrastruktur ini,” tambah dia lagi.(Ad)

 

Posting Terkait