MENDUNG BERAWAN DAN POTENSI HUJAN… Suhu Laut Pengaruhi Cuaca Mendung di Riau

292 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Cuaca wilayah Provinsi Riau diwarnai keadaan mendung atau cerah berawan dalam beberapa hari belakangan. Keadaan tersebut dipicu oleh pembentukan awan yang relatif subur di udara Riau. Pertumbuhan awan ini subur akibat adanya pengaruh suhu laut yang semakin meningkat. Sehingga penguapan air laut mudah menjadi titik embun atau awan di udara Riau.

Menurut Kepala Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Philip Mustamu, melalui staf analisa Rahmad Tauladani mengatakan, perubahan umumnya wilayah Pulau Sumatera mengalami musim hujan pada Oktober ini. Termasuk wilayah Provinsi Riau yang sering diwarnai cauca hujan dan mendung.

“Jika suhu laut meningkat, maka pembentukan awan mudah terjadi hingga membentuk awan. Umumnya wan yang sering berpotensi hujan adalah awan CB (culummonimbus-red). Saat ini laut yang mengalami peningkatan suhu di permukaannya adalah Samudera Hindia yang berdekatan dengan Pulau Sumatera. Sehingga mudah sekali menimbulkan hujan di wilayah Sumatera umumnya, termasuk di Riau,”terang Rahmad Tauladani.

Untuk wilayah Riau sendiri, BMKG Pekanbaru membaca perkembangan hujan sering terjadi pada malam hari dengan intensitas ringan hingga sedang. Namun pada siang harinya cuaca cerah berawan mewarnai wilayah Riau dengan temperatur relatif turun dibanding hari cerah lainnya.(Surya)

Posting Terkait