Menko Kesra Siap Bantu PON Riau

317 views
JAKARTA (RiauInfo) – Menko Kesra Agung Laksono merespon positif permohonan bantuan yang disampaikan Gubernur Riau HM Rusli Zainal terkait pendanaan untuk pembangunan venues dan infrastruktur pendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Tahun 2012 di Bumi Lancang Kuning.

Hal itu diungkapkan Gubernur Riau Rusli Zainal usai diterima Menko Kesra Agung Laksono di Kantor Menko Kesra, kawasan Monas, Jakarta, Jum’at (28/10). “Pak Agung merespon dengan sangat positif terhadap apa yang kita sampaikan. Karena PON dan ISG (Islamic Solidarity Games) yang akan digelar di Riau adalah gawe nasional, dan bahkan internasional,” ucap Rusli.

Rusli mengatakan, Menko Kesra bahkan langsung meminta para menteri terkait untuk membahas masalah pendanaan PON di Riau ini pada 2 November mendatang. “Pak Agung meminta menteri-menteri terkait, seperti Menpora, Menteri PU, Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas untuk membahas secara bersama-sama masalah ini pada 2 November nanti di Kantor Menko Kesra,” tambah Rusli secara berharap akan ada solusi pendanaan dari pertemuan tersebut.

Rusli menambahkan, sejauh ini Pemerintah Provinsi Riau sudah berupaya secara maksimal untuk membangun berbagai venues dan infrastruktur pendukung PON. Hanya saja, kemampuan APBD Provinsi Riau juga terbatas. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat diharapkan ikut mengucurkan bantuan dana. “Kita mengajukan sekitar Rp750 miliar. Kita harapkan, Pemerintah Pusat dapat memenuhinya,” harap Rusli lagi.

Rusli menegaskan bahwa sebenarnya, infrastruktur pendukung yang akan dibangun tersebut, apakah jalan atau jembatan, merupakan kewajiban Pemerintah Pusat karena masuk jalan nasional. “Bahkan sebenarnya ada yang sudah kita bangun dengan APBD walaupun itu jalan nasional, karena kerusakannya sudah sangat luar biasa, namun tidak ada perhatian dari pusat. Ini kan sebenarnya tidak tepat,” terang Ketua DPP Partai Golkar ini.

Rusli kembali menekankan bahwa seyogyanya Pemerintah Pusat ikut membantu pendanaan PON, karena kesuksesan PON di Riau nantinya adalah juga kebanggaan negeri ini. “Apalagi nanti setelah PON 2012, Riau akan menjadi tuan rumah ISG III Tahun 2013 yang akan diikuti oleh 57 negara. Ini tentu tidak hanya mempertaruhkan marwah Riau, tapi juga bangsa ini di mata dunia,” tegas Gubernur yang sudah menjabat di periode kedua ini.

Di sisi lain, Rusli juga mengharapkan dukungan dari kalangan DPR RI, khususnya Komisi X DPR yang membidangi masalah olahraga. “Dukungan dari para wakil rakyat kita tentu akan sangat besar pengaruhnya. Kita sebenarnya juga sudah pernah melakukan hearing dengan Komisi X DPR, dan alhamdulillah kita mendapat respon dan dukungan yang sangat positif,” sebutnya. (rls)

 

Posting Terkait