MENTAL DAN BIAYA… Calon Praja IPDN Dihimbau Siap Hadapi Pantukhir

365 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Bagi calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Riau dihimbau mempersiapkan diri untuk menghadapi tes Pantukhir atau penentuan akhir di Jatinangor. Himbauan ini bagi calon praja asal Riau yang telah ikut tes akademik tahun ini. Meski belum ada pengumuman resmi dari Depdagri tentang calon prja asal Riau yang lulus, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau memberikan himbauan tentang persiapan Pantukhir tersebut.

“Para calon Prja IPDN asal Riau yang nantinya lulus akademik tentu akan melanjutkan pada thap Pantukhir nantinya. Bagi yang berlanjut ini dihimbau mempersiapkan diri mereka, baik secara moril maupun meteril,”unkap Kepala BKD Riau Zaini Ismail melalui Kabid Kepegawaian Kaharuddin, Selasa (4/8/09) di Pekanbaru.

Informasi tentang hasil tes akademik calon praja IPDN hingga saat ini belum datang dari Depdagri ke BKD Riau. Sehingga pengumumannya masih tertunda. Sementara, jadwal awal dari Depdagri melaksanakan pantukhir pada 5 Agustus 2009 ini.

“Jadwal semula dari Depdagri memang direncanakan Pantukhirnya pada 5 Agustus ini. Tapi jadwal ini sifatnya dinamis karena Depdagri sendriri yang menentukan jika ada perubahan,”ungkap Kaharuddin.

Hal mendasar yang menjadi himbauan BKD bagi calon Praja yang berlanjut ke pantukhir adalah persiapan diri mereka tentang materi di Pantukhir nanti. Dimana seperti tahun sebelulmnya, pantukhir merupakan tes akhir yang menyajikan dan mengecek ulang tes kesmaptaan dan kesehatan.

“Ya, pantukhir biasanya mematangkan pengecekan tentang kesmaptaan dan kesehatan bagi calon praja. Meski telah dites di daerah masing-masing, namun pantukhir kembali mengecek hal tersebut. Karena ada beberapa hal yang belum dicek oleh daerah,”ungkap Kaharuddin.

Sedangkan untuk persiapan biaya, calon praja IPDN nantinya diperkirakan akan membutuhkan biaya sekitar Rp.5 juta rupiah selama pantukhir berlangsung. Dalam hal ini, BKD Riau akan mendampingi para calon praja asal Riau untuk berangkat ke Jatinangor tempat pantukhir berlangsung.(Surya)

Posting Terkait