Menyelamatkan Warisan Budaya Takbenda

410 views
news5213SOLO (RiauInfo) – Warisan budaya memiliki arti yang sangat penting bagi suatu bangsa. Ia tidak saja mencerminkan jati diri sebuah komunitas (masyarakat), tetapi juga kreatifitas yang bersumber dari kekayaan spiritual, sosial, dan budaya. Selain itu, ia juga dapat menjadi sumber untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pelestarian terhadap warisan budaya takbenda (intangible) memiliki keterkaitan dengan upaya perlindungan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap pengetahuan dan ekspresi budaya tradisional suatu bangsa. Oleh karenanya, pelesatarian warisan budaya takbenda merupakan keharusan.

Pemahaman itulah yang tercermin dalam talkshow “Safeguarding for Intangible Cultural Heritage” dengan pembicara Himalchuli Gurung (Programe Specialist for Culture, UNESCO, Jakarta Office), dan Deputi Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia, V. Henry Soelistyo Budi, S.H., L.L.M.

“Pelestarian merupakan upaya untuk mengidentifikasi, dokumentasi, penelitian, preservasi, proteksi, promosi, pewarisan, dan revitalisasi,” ungkap Himalchuli. Senada dengan Himalchuli, Henry mengatakan bahwa warisan budaya merupakan refleksi nilai-nilai budaya dan memori sosial sebuah masyarakat. Oleh karenanya, ia adalah identitas masyarakat yang harus dilestarikan.

Dalam forum tanya-jawab, ketika menanggapi pertanyaan salah satu peserta workshop, Henry membuat pernyataan yang cukup mengejutkan, “pemerintah belum siap untuk melindungi warisan budaya. Ini dapat dilihat dari belum adanya PP (Peraturan Pemerintah—red) yang mengatur tentang HAKI”.

Pada saat makan siang, Pemangku Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM), Mahyudin Al Mudra, S.H., M.M., menemui dan memperkenalkan program-program yang telah dilakukannya, termasuk rencana penerbitan buku 366 Cerita Rakyat Nusantara, kepada V. Henry Soelistyo Budi.

Mengetahui apa yang dilakukan oleh BKPBM, Henry dengan bersemangat mengatakan “seperti inilah kerja nyata pelestarian warisan budaya.” Pada kesempatan tersebut, ia juga berjanji akan senantiasa membantu BKPBM.(ad/rls)




Posting Terkait