MESKI TELAH DIAMBILALIH PEMKO DUMAI Penerbangan Komersial Belum Berminat Singgahi Bandara Pinang Kampai

306 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski Bandara Pinang Kampai, Dumai, yang dulunya dikelola Pertamina UP II telah dikelola oleh Pemko Dumai, namun ternyata belum ada maskapai penerbangan komersil untuk menyinggahi bandara itu. Sampai saat ini hanya pesawat Pelita Air saja yang memanfaatkan bandara tersebut. 

Padahal sebelumnya, Pemko Dumai sangat ngotot mengambilalih pengelolaan bandara itu agar bisa digunakan untuk penerbangan umum. Harapan Pemko Dumai bandara itu nantinya bisa didarati oleh sejumlah pesawat dari maskapai penerbangan komersil.

Namun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Sampai saat ini belum ada satupun maskapai penerbangan komersil berhasrat untuk memanfaatkan bandara itu. Bahkan Maskapai penerbangan milik Pemprov Riau, PT Riau Airlines (RAl) yang semula membuka trayek Dumai-Pekanbaru, saat ini menutup trayek itu.

Belum adanya pesawat komersial menyinggahi bandara ini membuat aktivitasnya jadi lengang. Bahkan beberapa petugas dari Dinas Perhubungan Dumai terlihat hanya duduk-duduk saja di kantin lantai dua ruang tunggu. “Ya dari pada tak ada kerjaan,” ungkap salah seorang petugas.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Dumai Drs Syafruddin mengatakan pihaknya saat ini sedang berusaha mengundang sejumlah perusahaan maskapai penerbangan komersil untuk menggunakan bandara ini. “Kita sudah melakukan pembicaraan dengan pihak PT RAl dan Batavia,” jelasnya.

Untuk pihak RAl, kini pihaknya masih menunggu komitmen dari Dirut yang baru untuk membuka kembali rute Pekanbaru-Dumai. Sedangkan dengan Batavia, kini sedang dalam proses pengurusan izin rute Jakarta-Dumai dengan menggunakan pesawat Foker 100 dan Boing Seri 200.(Ad)

 

Posting Terkait