Minat Baca Masyarakat Riau Kurang

369 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Riau Drs R Erisman menilai minat baca masyarakat Riau saat ini masih kurang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh masih minimnya sarana dan perasarana, seperti perpustakaan dan sudut-sudut baca. 

Kepada wartawan di Pekanbaru kemaren, Erisman mengatakan berkaitan dengan masih kurangnya minat baca masyarakat Riau itu, pihaknya telah membuat beberapa program pada tahun 2007 ini untuk meningkatkan minat baca di Riau.

“Pada prinsipnya kita melanjutkan kegiatan yang lalu. Akan tetapi untuk saat ini kita fokus ke kabupaten-kabupaten,”‘ ujar Erisman kepada wartawan, kemarin di Pekanbaru.

Untuk tahun 2007 ini, misalnya, Pemprov Riau akan melakukan pembinaan dan kegiatan di Inhil dan Bengkalis. Pihaknya mengadakan kegiatan untuk mendorong minat baca masyarakat, khususnya generasi muda di daerah ini.

Disebutkan Erisman, kegiatannya dilakukan berupa pembinaan perpustakaan, dan kegiatan kemasyarakatan yang sifatnya meriah dengan melibatkan semua unsur masyarakat. Lalu puncaknya diadakan talkshow dengan mengundang duta baca Indonesia Tantowi Yahya.

Kegiatan untuk memancing dan meningkatkan minat baca ini dilaksanakan antara Agustus hingga September 2007 mendatang. Kegiatan ini dikaitkan dengan Hari Kunjungan Pustaka tepatnya pada Bulan September. Untuk mengkonkretkan pembinaan minat baca di kabupaten/kota, pihaknya berencana melaunching Gerakan Riau Membaca di kabupaten/kota.(Ad)

 

Posting Terkait