Minat Investor Masih Sangat Diragukan

263 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski sudah ada kesepakatan antara Pemprov Riau dengan sejumlah kabupaten/kota untuk membebaskan lahan yang akan dijadikan proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai, namun minat investor untuk membangun jalan tersebut masih diragukan. 

Keraguan ini muncul karena investor tentunya akan memperhitungkan segi untung rugi dari proyek yang akan dibangunnya. Sedangkan selama ini arus lalu lintas antara Pekanbaru-Dumai boleh dikatakan masih sangat rendah.

Bahkan kalau dibandingkan dengan arus lalu lintas Pekanbaru-Sumbar, kepadatannya sangat tidak sebanding. Dengan masih sangat rendahnya arus lalulintas itu, maka investor tentunya akan melihat proyeknya diragukan bakal memberikan keuntungan.

Hal itu diakui Ketua Komisi D DPRD Riau Helmi Burman yang mengatakan sebenarnya membangun jalan tol Pekanbaru-Dumai itu dipastikan akan rugi. Karenanya sampai saat ini tidak ada investor yang berminat membangunnya.

Padahal telah beberapa investor yang melakukan peninjauan dan melakukan survey ke lapangan bahkan ada yang telah menyepakatinya dalam bentuk MoU, tetap selalu batas. “Mereka melihat proyek ini pasti kerugikan,” ujarnya.

Bahkan tender yang telah dibuka pemerintah pusat untuk pembangunan jalan tol itu kurang peminatnya. “Kalau investor tidak ada berminat ya bagaimana lagi, tidak mungkin pemerintah daerah yang membangunnya,” ujarnya.(Ad)

Posting Terkait