Minyak Tanah Langka, Harga Eceran Bisa Rp 6000 per Liter

534 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Makin anjloknya harga minyak dunia sampai di bawah 50 dolar AS per barel ternyata sama sekali tidak membantu masyarakat Pekanbaru yang membutuhkan minyak tanah. Bahkan saat ini minyak tanah mulai langka dan harganya di tingkat eceran melambung sampai Rp 6.000 per liter. 

Keterangan yang diperoleh RiauInfo, Senin (24/11) diketahui langkanya minyak tanah ini terkait dengan meningkatnya kebutuhkan masyarakat terhadap minyak tanah. Meningkatan ini disebabkan pemadaman lampu bergiliran yang diberlakukan PLN Riau sejak beberapa hari terakhir, sehingga masyarakat membutuhkan minyak tanah untuk penerangan.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh pedagang pengecer dengan menaikkan harga minyak tanah sampai di atas 100 persen dari harga normalnya. Bila biasanya harga normal minyak tanah hanya Rp 2.500 per liter, kini pedagang pengecer menjualnya dengan harga Rp 6.000 per liter.

Ny Hasni, salah seorang warga mengaku sangat keberatan dengan kenaikan harga minyak tanah ini. Tapi dia tidak bisa berbuat apa-apa karena sangat membutuhkan minyak tanah untuk keperluan rumah tangga. “Saya sangat membutuhkan minyak tanah untuk memasak dan untuk penerangan jika listrik PLN padam,” ujarnya.

Dia menyebutkan, jatah minyak tanah yang diperolehnya dari agen sebanyak 15 liter per bulan tidak mencukupi untuk kebutuhan rumah tangga. Untuk menutupi kekurangan minyak tanah itu, dia terpaksa harus membelinya secara eceran dengan harga saat ini mencapai Rp6.000 per liter.(ad)

 

Posting Terkait