MULAI 2009-2013… RPJMD Riau Punya Tujuh Program Prioritas

474 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi Riau melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD), Senin (18/05/2009) ini di Pekanbaru. Gubernur Riau HM Rusli Zainal melalui Setdprov Riau Wan Syamsir Yus memaparkan fokus rencana pembangunan Riau dalam lima tahun mendatang.

Dalam pidato yang dibacakan Setdaprov, gubernur Riau menyatakan, tujuh perencanaan pembangunan tersebut diantaranya adalah pembangunan perencanaan pembangunan jalan highway Dumai-Pekanbaru, Pekanbaru-Buton dan highway Pekanbaru-Kuala Enok.

Rencana pembangunan kedua meliputi pengembangan kawasan Pusat Kegiatan Nasional (PKN), Pusat Kegiatan Wilayah (PKW), Pusat Kegiatan Latihan (PKL). Sedangkan rencana ketiga mnitik beratkan pada Optimalisasi Perencanaan Desa Mandiri melalui otonomi Desa.

Target pembanguanan keempat dan yang sedang dibahas hingga saat ini adalah upaya percepatan operasional Roro Dumai-Malaka yang akan diaktifkan pada 2009 ini.

Selanjutnya rencana pembangunan kelima adalah tentang ketahanan Pangan. Dalam hal ini Pemprov Riau telah melakukan program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM) dengan target 100.000 hektar sawah pada 2013 di Riau.

Rencana keenam adalah pembangunan yang mengarah pada suksesi Riau tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2012 mendatang. Dimana pemprov telah merampungkan sarana prasarana fasilitas penunjang pelaksanaan PON ke 18 mencapai 80 persen.

Program perencanaan pembangunan ke tujuh adalah menyangkut wisata unggulan dan pelestarian budaya melayu. Musrenbang RPJMD untuk 2009-2013 tersebut dihadiri kalangan eksekuitif dan legislatif serta Muspida Riau berlangsung di kantor Bappeda Riau. Gubernur Riau menyatakan agar semua stakeholder antar lembaga dan lintas lembaga melakukan langkah yang sesuai dengan RPJMD ini dalam lima tahun ke depan.(Surya)

Posting Terkait