Murid SD di Sekitar Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi Terima Beasiswa

436 views

PEKANBARU (RiauInfo): Sejumlah murid Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menerima beasiswa yang diberikan pada Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 27 Tingkat Provinsi Riau. Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 27 ini dipusatkan di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (17/3) dalam bentuk Upacara Apel Bendera.


Selain memberikan beasiswa bagi murid SD di sekitar Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi, juga diserahkan sebanyak 1.000 bibit pohon Pulai kepada masyarakat di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Dalam kesempatan itu diserahkan pula bantuan kepada beberapa Panti Asuhan di Riau.

Menteri Kehutanan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, tanggal 16 Maret adalah merupakan hari bersejarah bagi para rimbawan, karena pada tanggal 16 Maret 1983 merupakan awal pembentukan Departemen Kehutanan yang selanjutnya menjadi cikal bakal Hari Bhakti Rimbawan.

“Terbentuknya Departemen Kehutanan saat itu memang sangat tepat, karena hutan dengan multi fungsinya tidak mungkin ditangani secara baik tanpa wadah yang mandiri,” ujarnya.

Menurutnya, sekarang tidak terasa 27 tahun telah terlewati, pada kurun waktu 27 tahun lebih, para rimbawan telah mengabdikan dirinya melalui berbagai peranan dalam pembangunan nasional sektor kehutanan, di manapun mereka berada.

Menhut menyebutkan Tema Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2010 adalah ”Perkuat Jiwa Korsa Guna Penguatan Bakti dan Kesejahteraan Rimbawan Demi Suksesnya Gerakan Tanam 1 Milyar Pohon”.

“Tema tersebut mengajak kita semua para rimbawan untuk tetap bangga bersatu dan bersemangat juang tinggi sebagai rimbawan, yang selalu berkomitmen mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkapnya.

Kepedulian dan semangat kebersamaan sesama rimbawan dalam satu pengertian dan cita-cita yang tumbuh subur tambahnya, akan menjadi modal dasar dalam percepatan pencapaian target pembangunan kehutanan.

Pada kesempatan itu Menteri Kehutanan mengajak agar Peringatan Hari Bhakti Rimbawan pada setiap tahun, hendaknya menjadi momentum yang penting dan strategis bagi upaya pembinaan rimbawan, khususnya dalam peningkatan profesionalisme, disiplin, moril, kesejahteraan dan jiwa korsa, sehingga memiliki kesiapan dan kesiagaan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas.(ad)

Posting Terkait