Museum Sangnila Utama Bakal Direnovasi

227 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kondisi Museum Sangnila Utama Pekanbaru saat ini dinilai belum refresentatif karena ruangannya masih kecil, dan belum teratur dan rapi. Karena itu Pemprov Riau ada rencana untuk melakukan renovasi terhadap museum tersebut agar kelihatan lebih refresentatif. 

Rencana itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Seni dan Pariwisata Riau, Jhoni Irwan SH MH saat melakukan kunjungan ke museum tersebut. Dalam kunjungan tersebut Jhoni Irwan melihat sendiri kondisi museum yang masih belum terkelola dengan manajemen yang baik.

Dia juga melihat tata letak dan fungsi dari setiap stand untuk memamerkan berbagai peninggalan bersejarah Melayu Riau tidak pada tempat semestinya. Sehingga terkesan ruangannya jai tidak teratur. “Semua ini harus segera direnovasi, agar museum ini menjadi menarik untuk dikunjungi,” ujarnya.

Begitu pula halnya dengan reflika istana yang ada di Riau seharusnya berada di satu tempat, sehingga setiap pengunjung bisa melihatnya secara runut. “Selain itu pencahayaan di museum ini masih sangat minim sehingga membuat suasananya menjadi suram.

Mengingat semua itu, maka ada pemikiran untuk merenovasi mesium ini shingga kondisinya tidak seperti sekarang ini lagi. “Kita akan menjadikan museum ini semenarik mngkin, sehingga akan menarik banyak orang untuk berkunjung ke temat ini, terutama para turis asing,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait