MUSIM KERING WARNAI SUMATERA… Kebakaran Hutan Landa Tiga Provinsi

379 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai bervariabel dalam pekan ini. Keadaan itu menyusul masa transisi musim hujan ke musim kering di wilayah Pulau Sumatera. Untuk, Rabu (22/04/2009) ini, sedikitnya tiga provinsi mengalami kebakaran hutan di Sumatera.

Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan, selain Riau, Provinsi Nangroe Aceh Darusslam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut) tercatat menjadi korban karhutla di Sumatera hari ini.

Secara rinci satelit NOAA 18 mendapatkan dua titik api menyala di Provinsi Riau. Begitu juga dengan Provinsi Sumatera Utara mempunyai dua titik api. Tidak ketinggalan Provinsi Aceh dengan satu titik. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan menjadi 5 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Slamet Riyadi mengatakan, pertumbuhan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan tidak terlepas dari kondisi cuaca panas dan temperatur tinggi. Dimana, dalam tiga hari terakhir cuaca cerah berawan dan suhu tinggi telah mewarnai sejumlah provinsi di wilayah Pulau Sumatera.(Surya)

Posting Terkait