Mutu Pendidikan Riau Perlu Rumusan Sistem yang Handal

194 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meningkatkan mutu pendidikan yang selaras, seimbang dan kompetitif dalam menghadapi tantangan terhadap kemajuan zaman, perlu persiapan langkah-langkah berupa peningkatan dan perumusan sistem yang handal.

Gubernur Riau mengatakan hal tersebut dalam sambutan tertulis melalui Asisten Bidang Administrasi Umum, Setdaprov Riau, Drs.HR.Marjohan Yusuf, Selasa (31/7), saat pertemuan Regional Wilayah Barat Bidang Pendidikan, di Hotel Furaya, Pekanbaru.

Oleh karena itu, lanjut Gubri, Pertemuan Regional yang membahas masalah bidang pendidikan ini, adalah wujud nyata dari komitmen bersama, untuk pengembangan sumber daya manusia di Provinsi Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Gubernur menjelaskan, kebijakan secara umum yang telah diimpelementasikan Pemerintah Propinsi Riau di bidang pendidikan, pertama, Mendorong terwujudnya pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan SDM dengan mengedepankan kebutuhan masyarakat sebagai shareholder dan stakeholder.

Langkah ke dua, meningkatkan peran swasta di daerah potensial, dan peran lembaga pendidikan tinggi serta lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Sedang yang ke tiga, mendukung sepenuhnya inovasi kreativitas dalam mewujudkan dana abadi bidang pendidikan terutama untuk menyediakan beasiswa anak Riau yang berprestasi.

Sealnjutnya, mendukung menyelesaikan program pembangunan dan peningkatan kualitas SDM di bidang pendidikan melalui peningkatan mutu akses pendidikan dan manajemen pendidikan menengah, pendidikan tinggi dan pendidikan keterampilan. Selanjutnya terus berupaya melibatkan peran swasta daerah yang potensial terhadap pendidikan dan mensinkronisasikan secara intensif, profesional, proporsional kebutuhan pasar kerja dan dunia pendidikan di Propinsi Riau, sehingga terwujud program“Link and Match”. (Surya)

 

Posting Terkait