OMSET PEDAGANG MENINGKAT… Tradisi ‘Borong’ Awal Ramadan

225 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah pasar tradisional Kota Pekanbaru padat dikunjungi warga yang berbelanja, Jumat (21/8/09) ini. Kebiasaan mempersiapkan makanan sahur malam ramadan pertama dinilai sebagai pemicu meningkatnya jumlah warga berbelanja di sejumlah pasar tradisional di Kota Bertuah.

Sapri seorang pedagang daging di Pasar Dupa Tangkerang mengaku, penjualan daging sapi meningkat mencapai dua kali lipat dari hari biasa. Menurutnya penjualan daging hanya 50 kilo hingga 100 kilogram pada hari biasa. Sedangkan sehari sebelum puasa seperti Jumat (21/8/09) ini, penjualannya melebihi 100 kilogram.

Sementara itu, Ilyas warga Panam Pekanbaru mengaku, kebiasaan keluarganya yang berasal dari Kampar ini menyatakan belanja untuk persiapan ramadan merupakan sesuatu yang juga dilakukan oleh umat muslim secara umum. Menurutnya, kebiasaan ini telah terjasi begitu saja karena kebutuhan ramadan pada saat sahur pertama sangat perlu menyajikan makanan yang membangkitkan selera.

“Kalau sahur pertama ini dirasa berat oleh sejumlah warga, sehingga banyak yang belanja sehari sebelum puasa. Seperti kami, memang sengaja belanja untuk persiapan minimal satu minggu. Bahkan kalau memungkinkan, ibu rumah tangga belanja untuk persiapan selama ramadan saat sehari sebelum puasa,”terang Ilyas.(Surya)

Posting Terkait