P3I Riau Mulus Ikut Pemilu 2009 di Wilayah Riau

540 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Partai baru yang lolos verifikasi di KPU Pusat, namun tidak ikut verifikasi di DPW Riau mendapat kesempatan ikut Pemilu 2009 di wilayah Riau. Hal ini menyusul telah resminya para partai baru tersebut di tingkat Nasional sebagai peserta Pemilu 2009.

Seperti yang dialami oleh Dewan Perwakilan Daerah Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) Riau, partai ini mendatangi KPU Riau Rabu (6/08) di Pekanbaru. Menurut Mahmud Nasution SE yang menjabat sekretaris Umum PPPI Riau, KPU Riau akhirnya menyetujui partai ini ikut Pemilu di wilayah Riau pada 2009 mendatang.

“Secara nasional P3I telah lulus verifikasi KPU pusat dan dinyatakan sebagai peserta di Pemilu 2009 nanti. Makanya untuk tingkat provinsi, kita hanya tinggal melanjutkan persyaratan yang diajukan oleh KPU Riau,”terang Mahmud kepada RiauInfo usai menemui ketua KPU Riau.

Menurut Mahmud, meskipun P3I Riau tidak mengikuti verifikasi DPW Partai baru yang dilakukan oleh KPU Riau beberapa waktu lalu, dengan lolosnya verifikasi P3I di tingkat nasional, maka sesuai dengan pernyataan ketua KPU Riau Syofyan Samad, P3I DPW Riau dengan sendirinya hanya melanjutkan proses Pemilu di Riau seperti partai lainnya yang telah lulus verifikasi DPW Riau.

Proses tersebut antara lain adalah melaporkan jumlah kuota wilayah cabang partai P3I, persyaratan administratif kantor dan sekretariat, dan agenda pentingnya adalah melaporkan susunan Calon Legislatif (Caleg) dari P3I DPW Riau ke KPU Riau.

Ketua DPW P3I Feri Junaidi, melalui Sekretaris Umum (Sekum) P3I DPW Riau Mahmud mengatakan, P3I dengan kuota sekretariat DPC di 11 kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan di Riau telah siap menyukseskan Pemilu 2009 nanti. Sehingga P3I akan bisa bersama masyarakat memberikan kontribusinya dalam membangun pemerintahan baik tingkat nasional maupun wilayah Riau sendiri.

P3I melalui keputusan KPU Pusat telah mendapatkan posisi nomer 3 untuk mengikuti Pemilu 2009 nanti. Sehingga, P3I sesuai peraturan akan memenuhi kewajiban politik, baik dari segi calon legislatif untuk Dewan Perwakilan Rakyat maupun mengusung calon presiden nantinya.

“P3I berkomitmen pada prinsip dengan kemudahan bagi pelayanan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena pelayanan publik sangat perlu dimudahkan bagi masyarakat, sehingga hubungan rakyat dan pemerintah terjalin dengan harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”ungkap Mahmud.

Hal tersebut senada dengan pernyataan mantan Sekjen P3I, Drs.H.Jamaluddin MM beberapa waktu lalu menyatakan, P3I memang masih baru sebagai partai politik, namun P3I memiliki nafas partai yang mungkin hanya satu-satunya di dunia ini sebagai partai yang memperjuangkan aspirasi pengusaha dan pekerja, baik di eksekutif maupun legislatif.

Dengan demikian, menurut Mahmud yang menjabat Sekum DPD P3I Riau, perjuangan P3I merupakan restorasi bagi sejarah partai-partai di Indonesia. “Namun hal yang terpenting adalah P3I tidak lepas dari meningktkan pelayan publik demi terciptanya pemerintahan yang dinamis,”terang Mahmud.(Surya)

 

Posting Terkait