Panas Siang Masih Merangsang Hujan

158 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hujan masih berlanjut hingga 3 hari ke depan. Selain daerah Riau secara umum, hujan juga berpeluang banyak terjadi di dua provinsi tetangga Riau yang sebagian aliran air sungainya mengalir ke Riau. Dengan demikian wilayah Riau masih rawan mendapatkan banjir kiriman.

Data BMG Pekanbaru mendapatkan hasil gambar satelit masih memperlihatkan gumpalan awan di wilayah Riau. Meski dengan intensitas ringan dan sedang, hujan yang merata di wilayah Riau umumnya berlangsung dalam waktu yang relatif panjang. Hal ini telah terjadi sejak malam tadi sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (26/03) dini hari hingga menjelang pagi tadi.

Sedang di provinsi tetangga, yakni Sumatera Barat dan Sumatera Utara juga rawan mengalami hujan dengan intensitas tinggi. BMG telah memetakan daerah aliran sungai yang rawan luapan air dari provinsi Sumbar adalah daerah aliran sungai Kampar dan Kuansing. Sedang luapan air dari Sumut adalah wilayah sungai Rokan Hilir serta Rokan Hulu. Aliran sungai ini melewati beberapa daerah kabupaten di Riau. Hingga hari ini, 10 kabupaten di Riau telah tercatat mengalami banjir.

Meski siangnya masih terlihat terik matahari seperti di kota Pekanbaru hari ini, namun berdampak mempercepat penguapan butir air yang akan membentuk awan. Sehingga awan akan menurunkan hujan ketika mencapai titik jenuhnya. “Makanya peluang hujan sering terjadi dalam rentang waktu sore, malam, dini hari hingga menjelang pagi,”ujar Ardhi dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo.(Surya)

Posting Terkait