PANJAT PINANG JUGA HILANG…. Berkah Ramadan ‘Redam’ Peringatan 17 Agustus 1945

628 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI), terlihat sepi dari tradisi kemeriahannya pada tahun ini. Tradisi kemeriahan, seperti berbagai lomba rakyat, sebut saja yang terkenal adalah panjat pinang, pacu karung bahkan hanya sekedar lomba domino saja tidak terlihat dilakukan warga hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) sekalipun.


Lenyapnya tradisi kemeriahaan peringatan hari kemerdekaan RI pada tahun ini, diakui akibat bertepatan dengan bulan Ramadhan 1431 Hijriyah tahun ini.

Sejumlah warga mengakui keadaan tdak adanya permainan rakyat saat peringatan 17-an tahun ini sangat dipengaruhi oleh suasana ramadan tersebut.

Karena sejumlah warga mengetahui tidak adanya agenda di RT/RW mereka masing-masing untuk mengisi kemeriahan peringatan 17 Agustus 1945 pada tahun ini.

Dari pantauan RiauInfo pada awal Agustus hingga hari 17 Agustsus 2010 juga tidak ada kemeriahan permaianan rakyat untuk peringatan tersebut. Yang banyak terlihat hanya baliho, spanduk ‘Marhaban Ya Ramadhan.’

Padahal, hari kemerdekaan RI yang ditandai pembacaan Proklamasi pada 17 Agustsus 1945 terjadinya pada bulan ramadan juga pada 65 tahun silam tersebut. Sepertinya ramadan telah memberi pelajaran arti kemerdekaan dan peringatan kemerdekaan itu sendiri bagi sejumlah warga.(Surya)

Posting Terkait