Pansus RUU KEK Akan Lakukan Kunker ke Riau

291 views

JAKARTA (RiauInfo) – Panitia Khusus (Pansus) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) DPR RI akan melakukan kunjungan kerja ke provinsi Riau, Jum’at (20/2) mendatang. Kunker Pansus yang dipimpin oleh pimpinan rombongan Nasril Bahar (F-PAN) akan meminta masukan dari para stakeholders KEK Dumai seperti Gubernur Riau, Walikota dan pelaku usaha lainnya di Riau. 

Menurut anggota Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi (BPD) DPR RI dari pemilihan Riau yang ikut rombongan Pansus KEK, Muhammad Tonas, kunjungan kerja tim pansus ke Riau untuk meminta masukan dari Gubernur, Walikota Dumai, BKPM, dinas industri, perdagangan dan koperasi, beberapa asosiasi, pelaku usaha, serta UKM.

Dijelaskan Tonas, kunker Pansus KEK dilakukan untuk menindaklanjuti pertemuan para Gubernur dengan Pansus KEK, Kamis (22/1) di gedung DPR/MPR RI, Jakarta. Selain Gubernur Riau, Gubernur lain yang turut memberikan masukan ke Pansus KEK dari Riau, Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bengkulu, Babel, DKI, Banten dan Sumsel.

“Tujuan Pansus KEK ke Riau untuk menindaklanjuti hasil masukan yang disampaikan Gubri dan Walikota saat RDP dan melihat lebih dekat kawasan yang diusulkan oleh Pemprov, ” ujar Tonas.

Menurut Tonas, masukan dari para stakeholders itu akan menjadi pointers untuk dimasukkan dalam RUU KEK Dumai. Bukan hanya persoalan kawasan saja, tapi bagaimana masukan itu akan menjadi bahan untuk diakomodir dalam UU KEK nanti.

“Kami akan mencari masukan lebih lanjut secara faktual untuk memberikan warna thd RUU yang diusulkan pemerintah. Pemerintah, ” ujar caleg Partai Bulan Bintang (PBB) nomor urut 1 dari pemilihan Riau II meliputi wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Kampar itu.

Ditanya kenapa kunker Pansus hanya ke Pekanbaru dan tidak ke Dumai, Tonas mengatakan setelah kunker ke Pekanbaru, akan ditindaklanjuti dengan kunjungan ke Dumai pada kesempatan berikutnya.

Tonas menyatakan kesiapannya untuk membantu Dumai dan kabupaten di Riau lainnya dengan berbagai program. Namuan demikian, Tonas menyayangkan Pemprov Riau yang hanya mengusulkan atau mengajukan satu kotamadya saja untuk dijadikan KEK. “Padahal masih banyak kawasan lain yang bisa dijadikan KEK seperti Kuala Enok di Selatan dan Button di tengah yang bisa dijadikan sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

Anggota Pansus yang turut berkunjung ke Riau adalah Wakil Ketua Pansus Sundari Fitriyana (F-PPP) Azwir Dainytara, Lily Asdjudiredja, Muhidin M. Said (F-PG), Nusyirwan Soejono, Imam Soeroso, Tukidjo, Hasto Kristiyanto (F-PDIP), Anwar Sanusi, Chairul Anwar Lubis, Atte Sugandi (F-PD), Mardiana Indraswati (F-PAN), Syafrin Romas (F-PKB), Nursanita Nasution (F-PKS), M. Tonas (F-BPD), Carol Daniel Kedang (F-PDS).(ad/rls)

 

Posting Terkait