Panwaslu Pertanyakan DPS Pilkada 4 Daerah Riau

544 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Provinsi Riau mempertanyakan kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah daerah untuk Pilkada pada 2010 mendatang. Pasalnya, hingga saat ini KPU Provinsi Riau sendiri belum bisa memberikan laporan tahapan awal Pilkada di 4 daerah Riau pada 2010 mendatang.

Saat ini tercatat 4 daerah Kabupaten yang akan melakukan Pilkada pada 2010 di Riau. Diantaranya adalah Kabupaten Inderagiri Hulu dengan masa akhir jabatan bupatinya pada 21 Juli 2010, Kota Dumai masa berakhir jabatan walikotanya 18 Agustus 2010 dan Bengkalis dengan masa akhir jabatan bupatinya 29 Juli 2010 mendatang. Sedangkan kabupaten Meranti adalah kabupaten yang baru mekar juga akan melakukan Pilkada pada 2010 mendatang.

“Sesuai undang-undang pelaksanaan Pemilu dan mengacu pada masa akhir jabatan masing-masing kepala daerah, seharusnya KPU daerah masing-masing telah mengeluarkan Data Pemilih Sementara (DPS). Data ini disusul lagi dengan jadwal pemilihan dan seterusnya. Namun, hingga saat ini DPS tersebut belum ada dari KPU,”ungkap Ketua Panwaslu Riau Indi Rahman kepada RiauInfo, Jumat (23/10/09) di Pekanbaru.

Panwaslu Riau menyatakan, jangan sampai terjadi penundaan jadwal pelaksanaan Pilkada di suatau daerah akibat lambannya kinerja KPU. Sementara itu, anggota KPU Riau Edy Sabli membenarkan belum adanya jadwal Pilkada 2010 daerah tersebut. Edy Sabli juga belum memastikan apakah adanya DPS dari empat daerah tersebut.(Surya)

Posting Terkait