Para Kafilah Tampil Memukau

200 views

PANGKALAN KERINCI (RiauInfo) – Penampilan kafilah Kabupaten Bengkalis yang tampil pada pawai ta’ruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Riau ke-XXVI di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan sangat memukau dan mendapat sambutan hangat ribuan pasang mata yang memadati ruas jalan Raya Lintas Timur Pangkalan Kerinci, tempat pawai tersebut dilaksanakan. 

Menurut pengakuan sejumlah warga, penampilan kafilah dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan termasuk yang terbaik dan diperkirakan menjadi salah satu kandidat pemenang pertama untuk kegiatan pawai ta’ruf yang dalam kegiatan MTQ kali ini juga turut diperlombakan.

Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri yang juga mengikuti kegiatan pawai ta’ruf itu dari Pangkalan Kerinci melaporkan, rombongan kafilah pawai ta’ruf dari Bengkalis ini yang tampil diurutkan ke-9 setelah kafilah Kabupaten Rokan Hulu ini langsung dipimpin Wakil Bupati H Normansyah Abdul Wahab dan Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria.

Ditambahkan Johan, penampilan kafilah pawai ta’ruf dari Bengkalis yang diikuti sekitar 500 personil ini, diawali dengan penampilan dua sepasang bujang dan dara. dengan busana Melayu.tenun lejo Bukit Batu.

“Setelah itu diikuti dengan marching band Andam Dewi binaan Pemkab Bengkalis yang sepanjang jalan melantunkan sejumlah lagu-lagu bernuangsa Islami. Diantara Mars MTQ,” terang Johan melalui telepon selulernya.

Di belakang marching bang, ujar Johan lagi, diikuti rombongan kafilah yang akan berlaga pada MTQ ke-XXVI. Barisan kafilah yangberkekuatan sekitar 50 ini langsung dipimpin Wakil Bupati. Setelah itu disusul barisan para pejabat Pemkab Bengkalis yang diketuai Sekretaris Daerah. Baru kemudian disambung dengan dua buah kendaraan hias. Yaitu, miniaturbangunan masjid dan perahu Lancang Kuning.

Masih menurut Johan, dari sejumlah kendaraan hias yang ditampilkan, kendaraan hias miniatur perahu Lancang Kuning yang diberi nama Murai Batu itu mendapat sambutan hangat warga Pangkalan Kerinci dan dinilai sebagai kendaraan hias yang paling baik penampilannya. Terutama dari bentuk, kreasi seni dan arsitekturnya.

Bukan itu saja, ketika tampil dan memberikan atraksi di depan panggung kehormatan, kendaraan hias hasil kreativitas Sanggar Tasik Bengkalis ini, juga mendapatkan apresiasi serupa. Tidak terkecuali dari Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Bupati Pelalawan HT Azmun Ja’afar dan undangan VVIP lainnya.

Diungkapkan Johan, ketika melakukan atraksi sekitar tujuh menit di depan panggung kehormatan, para penggiat seni dari Sanggar Tasik Bengkalis ini memvisualisasikan tentang sejarah keberanian dan semangat kepahlawan Laksamana Raja Dilaut dalam melawan dan mengusir penjajah. Tentunya dengan Perahu Lancang Kuning-nya.

Sementara itu, ditemui usai pelaksanaan pawai ta’ruf, Bupati Bengkalis H Syamsurizal membenarkan isu yang berkembang bahwa setiap anggota kafilah Kabupaten Bengkalis yang berhasil meraih pemenang pertama dari setiap cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-XXVI di Pelalawan ini akan mendapat bonus diberangkatkan umrah ke Tanah Suci Mekkah. “Insya Allah dan itu sudah menjadi komitmen kita”, terang Syamsurizal.

Pada bagian lain, ketika ditanya tentang target, Syamsurizal mengatakan, untuk MTQ ke-XXVI, daerah berazam menjadi yang terbaik, sebagai juara umum. “Bengkalis optimis mampu untuk itu,” ujar Syamsurizal didampingi isteri Ny Hj Fauziah Siregar yang kala itu menggunakan busana Melayu warna hijau.

Selanjutnya, ketika diminta komentarnya terhadap para kafilah Negeri Junjungan ini, Syamsurizal meminta seluruh anggota kafilah untuk dapat menampilkan kemampuan terbaik yang dimiliki dalam setiap lomba yang diikuti. “Kalau orang lain mampu, kita juga harus bisa. Kalah dalam pertandingan itu biasa, namun yang pasti tidak boleh kalah sebelum bertanding,” ujar Syamsurizal, memberikan motivasi.

 

Posting Terkait