Parpol Diminta Transparan Menerbitkan Media

422 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Terkait tren menjamurnya media cetak menjelang pesta demokrasi seperti yang akan dihadapi oleh Riau pada 2008 mendatang, Direktur Kelembagaan Komunikasi Sosial Depkominfo RI, Dr. Udi Rusadi. MS mengatakan, parpol atau pihak terkait mesti terbuka dengan media terbitan mereka.

“Karena regulasi dari pemerintah tentang media saat ini tidak ada mengenai penerbitan. Maka menjamurnya media musiman yang kerap tumbuh saat pesta demokrasi tidak bisa dibantah dengan justififakasi. Tapi pengalaman tahun-tahun sebelumnya, media tersebut sudah bisa dibaca kepentingannya oleh publik, bahwa media itu membawa kepentingan partai tertentu,”terang Udi Rusadi.

Udi yang menjadi nara sumber di Workshop wartawan dan kehumasan dalam mensukseskan Pilkada Riau 2008 ini menyatakan, publik saat ini telah pandai menilai suatu media yang ada kepentingan siapa di belakangnya. Sehingga keadaan ini telah menjadi bumerang bagi media tersebut. Namun Udi menegaskan, sebaiknya partai politik mesti tidak berlindung dibalik media massa untuk melancarkan misinya.

“Seharusnya parpol dan kepentingan politik lainnya mesti transparan menerbitkan media demi kepentingannya. Tidak ada salahnya jika suatu media atau selebaran dari parpol membuat bahwa itu adalah journal dari partainya,”harap Udi.(Surya)

Posting Terkait