Pasar Elektronika di Pekanbaru Makin Sepi

509 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Krisis ekonomi global yang terjadi saat ini ternyata mempengaruhi hampir di seluruh sektor, termasuk sektor perdagangan barang-barang elektronik. Sejak dunia dilanda krisis ekonomi pasaran elektronika di Pekanbaru makin sepi dari pembeli. 

Makin sepinya peminat barang-barang elektronika ini tidak saja disebabkan oleh melemahnya daya beli masyarakat, tapi juga disebabkan harga barang-barang elektronika itu mengalami kenaikan. Kedua hal ini membuat masyarakat jadi mengabaikan barang-barang elektronika ini.

Jasman (38) salah seorang karyawan sebuah toko elektronika di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru, mengatakan penurunan penjualan barang elektronika di tempatnya mencapai 30 hingga 40 persen. “Sepinya pembeli ini sangat terasa sejak sebulan terakhir ini,” ungkapnya.

Dia mengaku harga barang-barang elektronika seperti TV, DVD, kulkas, mesin cuci, dan sebagainya memang mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan makin menurunnya kurs rupiah terhadap dolar AS. “Pengaruh penurunan kurs rupiah memang terasa pada harga barang-barang elektronik,” jelasnya.

Dia tidak dapat memastikan kapan penurunan jumlah pembeli ini akan berakhir. “Tapi yang jelas, makin kurangnya daya beli masyarakat menjadi salah satu penyebab pembeli barang elektronik ini makin sepi. Kondisi seperti ini juga terjadi di kota lainnya di Indonesia,” tambahnya.(ad)



Posting Terkait