Peduli Kesehatan, Eka Hospital Lakukan Senam Diabetes Rutin

20160821_071330_resized

Diabetes Mellitus (DM) atau yang dikenal sebagai kencing manis adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin dan atau fungsi insulin yang menurun, sehingga glukosa yang berasal dari makanan tidak dapat masuk dari darah ke dalam sel tubuh untuk digunakan sebagai sumber energi. Keadaan ini mengakibatkan penumpukan glukosa di dalam darah.

Berdasarkan survei lima tahunan Kesehatan Dasar Indonesia. Riau merupakan provinsi dengan penderita diabetes terbanyak ke -3 di Indonesia. Untuk itu Eka Hospital dalam rangka untuk terus mewujudkan salah satu misinya, aktif mempromosikan hidup sehat, menyelenggarakan Senam Diabetes.

Acara ini senam ini dilaksanakan pada tiap bulan di minggu ke 2, dilakukan di Halaman Parkir Depan Eka Hospital Pekanbaru. Peserta dari senam diabetes berasal dari Pasien Diabetes Eka Hospital, Mitra Kerja dan Masyarakat Umum.

Ketua Diabetes Center Eka Hospital Pekanbaru Dr. Saiful Anam, SpPD, M.Sc., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang sudah hadiri di tiap bulannya untuk melakukan senam, beliau memberitahukan bahwa Senam bagi Penderita Diabetes tentunya memiliki manfaat yang banyak.

“Siapapun yang melakukan olahraga senam pastilah akan mendapatkan manfaat yang sangat besar dari itu, tidak terkecuali penderita diabetes. Ya, justru senam sangat disarankan bagi penderita diabetes karena selain mampu untuk membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh, juga di anggap mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Alasan mengapa dengan senam dapat mengontrol gula darah adalah karena saat anda ber olahraga senam, sel-sel pada otot akan bekerja lebih keras sehingga tentunya akan lebih membutuhkan kadar gula dan oksigen untuk dibakar menjadi energi,” ujar dr. Saiful.

dr. Saiful mengatakan olahraga senam ini juga bermanfaat dalam membantu kerja insulin karena nantinya gula dalam darah akan dialirkan melalui sel otot yang kemudian dirubah menjadi energi bagi tubuh anda sehingga ini menyebabkan kadar gula dalam tubuh anda juga menurun.

Diakhir sambutan nya dr. Saiful menginformasikan bahwa Senam Diabetes ini dilakukan rutin, nantinya senam akan dilakukan pada bulan Oktober di minggu ke 2 di Halaman parkir Depan Eka Hospital Pekanbaru untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi saudari Mirna 085278928000

Selain senam, acara juga diisi dengan pemeriksaaan Gula Darah Gratis bagi peserta.

 

Posting Terkait