Pembangunan Jalur Alternatif Riau-Sumbar Dibatalkan

316 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pembangunan jalur alternatif Riau-Sumbar dibatalkan. Ini selain disebabkan pembangunan jalan alternatif tersebut akan menelan dana sangat besar, juga sebabkan jalur utama yang beberapa pekan lalu amblas, kini sudah dapat dipergunakan kembali. 

Berkat dipasangnya Jembatan Baley di ruas jalan yang amblas itu, kendaraan roda empat sudah bisa kembali melaluinya, kecuali kendaraan besar bertonase lebih dari 8 ton. Sementara itu perbaikan jalan di sekitar yang amblas tersebut sudah mendekati penyelesaian.

Kepala Dinas Kimpraswil Riau Dr Ahmad Helmi kepada wartawan di Pekanbaru membenarkan batalnya rencana pembangunan jalur alternatif itu. “Rencana pembangunan jalur alternatif Riau-Sumbar itu kemungkinan besar belum gisa dilakukan dalam waktu dekat ini karena banyak hal yang harus dipersiapkan,” ungkapnya.

Disebutkannya, jika ingin membuat jalur alternatif, harus dipersiapkan dana besar. Sebab pembanhgunan jalur alternatif itu akan menyedot dana APBD. Dan kalau mau menggunakan dana dari APBN tentunya jalur alternatif itu harus terlebih dahulu dijadikan jalan negara, sebab jalur yang ada sekarang masih berstatus jalan provinsi.

Selain itu, menurut dia, perlu survey dan penelitian secara mendalam terhadap kemungkinan dijadikannya jalur alternatif Riau-Sumbar. Begitu pula masalah pembebasan lahan mukanlah pekerjaan yang mudah, “Jadi tidak mudah membangun jalur alternatif Riau-Sumbar itu,” jelasnya.(Ad)

 

Posting Terkait