Pembentukan Tim Seleksi Tak Ganggu Kinerja KPU Riau

293 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan tidak merasa terganggu dengan akan dimulainya seleksi tim pemilihan anggota KPU Riau yang baru. Pembentukan tim itu, sudah berdasarkan keputusan KPU Pusat.

“Saya akui adanya pembentukan tim seleksi KPU yang baru tak ada gangguan sama sekali dengan kinerja kami disini. Semuanya harus tetap dijalankan. Sehingga persiapan hingga pelaksanaan dalam menghadapi Pilgubri 2008 berjalan lancar dan aman,” ungkan Anggota KPU Riau Syamsul Djafar didampinggi Alimin Siregar kepada RiauInfo Kamis (6/12) kemarin.

Menurut Syamsul, KPU Riau saat ini akan terus berkonsentrasi untuk menuntaskan tugasnya hingga akhir masa jabatan yang sesuai jadwal hingga Mei 2008 mendatang. Namun hal ini tidak akan mengurangi kinerja untuk mempersiapkan Pilgubri meskipun nantinya akan dilanjutkan oleh pengurus yang baru. Selain akan dilakukannya pergantian anggota KPU Riau, untuk KPU tingkat Kabupaten/Kota juga akan segera berakhir Juni 2008 mendatang dan akan menjalani proses yang sama. “KPU hanya menjalankan undang-undang dan aturan yang ada. Apa yang dikatakan UU itulah yang akan kami lakukan,” pintanya.

Terkait dengan kesiapan Pilgubri 2008, adapun tahapannya resmi akan dimulai Januari 2008 dengan diawali pembentukan petugas mulai dari tingkat Kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tingkat kelurahan atau Panitia Pemugutan Suara (PPS) hingga KPPS di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Alimin menambahkan, dalam Pilgubri nanti pihaknya juga telah mempersiapkan perangkat untuk melakukan perhitungan cepat melalui sitem rapid tele cound (RTC) atau perhitungan pasti berdasarkan perolehan suara dari tiap TPS. Angka itu bukan lagi sebatas Quick Count yang mengambil sampel dari beberapa TPS tapi keseluruhannya. “Dari RTC ini perolehan suara sebenarnya bisa diketahui segera. Sehingga dapat menghindari terjadinya kecurangan penghitungan perolehan suara suara,” pungkasnya. (Dd)



Posting Terkait