Pembukaan PON XVIII Berlangsung Spektakuler

191 views

PEKANBARU: Pembukaan PON XVIII yang dihadiri langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri di Stadion Utama Riau, Selasa (11/9) malam berlangsung spektakuler. Tidak hanya pesta kembang api saja yang mengagumkan penonton yang jumlahnya lebih 50 ribu orang, tapi juga berbagai pertunjukannya.

Salah satu yang mendatangkan decak kagum adalah pertunjukan kolosal yang merupakan hasil karya para seniman dan sastrawan dari Riau. Pertunjukan yang mengambil tema “Air dan peradaban” dengan judul “Dalam Kasih Sayang Air” tersebut menggambarkan bahwa Riau sangat erat dengan sungai. Sebab di Riau mengalir empat sungai besar yang dari dulu menjadi sumber kehidupan masyarakat.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal saat memberikan laporannya mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada Presiden SBY karena telah berkenan hadir untuk menghadiri pesta olahraga terbesar di Indonesia, kendati presiden baru saja menghadiri KTT Apec di luar negeri.

Kehadiran SBY yang langsung terbang ke Pekanbaru ini, menurut Rusli zainal, merupakan suatu kehormatan yang tinggi bagi masyarakat Riau yang kali ini menjadi tuan rumah PON XVIII. “Kami sangat senang sekali bapak presiden bisa hadiri di tengah-tengah kami,” ungkapnya.

Rusli mengatakan, bahwa selain PON, Riau juga akan menjadi tuan rumah Peparnas yang akan digelar seusai PON ini. Kemudian tahun 2013 mendatang Riau juga akan menjadi tuan rumah event olahraga dunia, Islamic Solidarity Games (ISG) yang diikuti negara-negara Islam di dunia.

Dalam kesempatan ini Rusli juga menyebutkan, bahwa masyarakat Riau sangat bangga bisa menyelenggaraan PON. Ini akan menjadi tonggak sejarah bagi Riau karena telah dipercayakan sebagai tuan rumah olahraga terbesar di Indonesia. “Kita semua disini tentunya akan menjadi bagian dari sejarah tersebut,” ungkapn ya.(rls)

Posting Terkait