Pemilihan Rektor UNRI Ditunda Sebulan

572 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Inspektorat Jendral (Itjen) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) secara resmi menegaskan pemilihan Rektor Universitas Riau (Unri) periode 2009-2014 diundur hingga satu bulan mendatang. Sebelumnya, pemilihan rektor Unri akan dilangsungkan pada 29 Oktober 2009. Pengunduran ini secara resmi dituangkan Itjen Depdiknas melalui surat keputusan bernomor R.1259/B/WS.2009 tanggal 26 Oktober 2009.

Itjen Depdiknas menerangkan keputusan penguduran pelaksanaan pemilihan Rektor Unri tersebut merupakan hasil dari inspeksi mendadak di Unri beberapa waktu silam. Dimana, ditemukan 5 orang PNS Dosen diperbantukan di luar Unri. Kendala utama yang ditemukan adalah adanya dosen kandidat yang diperbantukan ke luar Unri.

Menurut Ketua Pemilihan rektor Unri M Nur Mustafa mengatakan, surat tersebut memperjelas dan memperhatikan Peraturan Pemerintah Nomor 100 tahun 2000 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan struktural, Peraturan Pemerintah Nomor 9 tahun 2003 tentang wewenang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dan surat edaran Sekretaris Jendarl Depdiknas Nomor 5072/A4/KP/2009 tanggal 5 Februari 2009, maka Pegawai Negeri sipil Dosen yang diperbantukan diluar instansi induknya tersebut, berlaku ketentuan.

Pertama, gaji, tunjangan jabatan dan tunjangn lainnya dibayarkan oleh instansi penerima. Kedua DP3 dibuat/dinilai oleh pejabat penilai pada insatnsi penerima, ketiga, kenaikan pangkat diberikan berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi Pegawan negeri Sipil yang menduduki jabatan atau fuingsional tertentu yang disulkan oleh instansi penerima.

Dengan demikian, Pegawai Negeri Sipil tersebut harus dinon-aktifkan dari tugas fungsionalnya sehingga tidak berhak mendapat tunjngan fungsional dosen dari instansi induknya dan kehilangan hak untuk menjadi anggota senat sampai adanya penarikan kembali ke instransi induknya.

“Karenanya dalam surat tersebut dibunyikan bahwa Itjen merekomendasikan kepada Rektor Unri agar mencabut status keanggotaan senat terhadap anggota senat yang diperbantukan di instansi lain melalaui surat keputusan rektor. Dan hal inilah yang menjadi halangan salah seorang calon, yakni Prof Dr Ir H Irwan Effendi MSc untuk bisa terus bersaing memperebutkan posisi Rektor,”terang M Nur Mustafa dalam rapat senat, Rabu (28/10/09) di Pekanbaru.

Data kandidat yang akan berkompetisi dalam pemilihan rektor Unri 2009 ini antara lain; Prof Dr Ir H Irwan Effendi MSc (Kepala Dinas Pendidikan Riau), Prof Dr Ir H Tengku Dahril MSc (Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Riau), Prof Dr H Adrianto Ahmad MT (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Prof Dr Ir Anis Tatik Maryani MP (Pembantu Dekan I Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam negeri Sulta Syarif Qasim) dan Prof Dr Ir Feliatra DEA (Direktur Politeknik Pasir Pengarayan).(Surya)

Posting Terkait