Pemkab Rohul Relokasi Warga Terkena Banjir

275 views

Pekanbaru – Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Achmad, MSi mengungkapkan, masyarakat yang bermukim di pinggiran DAS sungai yang terkena musibah banjir baru-baru ini akan direlokasi ke daerah yang lebih aman.

Menurut Achmad kepada wartawan usai menerima DIPA dari gubernur Rusli Zainal, Selasa (2/1) mengatakan, jumlah warga yang direlokasi itu sebanyak 3.975 Kepala Keluarga (KK), ribuan masyarakat itu berasal dari tiga kecamatan masing-masing Kepenuhan, Kunto Darussalam dan Bonai Darussalam.

“Kita sudah mencadangkan lahan perumahan bagi mereka, dan kita minta bantuan dana kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk membangun rumah masyarakat ini,” ungkapnya.

Menurut Achmad, relokasi masyarakat itu sudah sewajarnya dilakukan, mengingat hampir setiap tahun masyarakat yag bermukim di sepanjang daerah aliran sungai terkena musibah banjir.

Menurut Achmad lagi, masyarakat yang direlokasi itu juga bakal bermitra dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit, dimana setiap KK akan mendapatkan perkebunan kelapa sawit dengan luasa dua hektare.

Ketiga perusahaan yang akan bermitra dengan masyarakat adalah PT Hutahean, PT GSI dan PT Anugrah Sawit. “Ketiga perusahaan sudah bersedia membantu masyarakat tersebut,” ulasnya lagi.

 

Posting Terkait