Pemko Pekanbaru Akan Lakukan Pembinaan PKL

154 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Kehadiran pedagang kaki lima (PKL) yang jumlahnya semakin meningkat di Pekanbaru telah membuat semrawut wajah kota ini. Hal ini disebabkan tidak sedikit dari PKL itu tidak mau diatur sehingga berjualan di tempat-tempat yang telah dilarang.

Terkait hal itu, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pasar Kota Pekanbaru akan melakukan pembinaan terhadap para PKL itu. “Mereka akan dibina agar nantinya mereka mau mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkap kepala Dinas Pasar Kota Pekanbaru, Sadri, Selasa (7/1) di Pekanbaru.

Dia menyebutkan sebelum dilakukan pembinaan, terlebih dahulu dilakukan pendataan terhadap keberadaan mereka. Dari pendataan ini diketahui jumlah PKL yang menjalankan aktivitasnya di Pekanbaru mencapai 11.835 orang.

“Kita sudah melakukan pendataan terhadap jumlah PKL itu, dari pendataan yang dilakukan diketahui jumlah mereka mencapai 11.835 orang. Setelah pendfataan ini barulah nanti akan dilakukan pembinaan dan penertiban,” jelasnya.

Guna melakukan pembinaan ini, pihaknya akan menyiapkan naskah akademis untuk pembuatan Peraturan Daerah (Perda) yang berguna mengantur seluruh PKL. Dan terkait Perda itu, Pemko Pekanbaru saat ini masih menunggu tahapan mulai dari penyampaian ke DPRD, pengesahan dan sosialisasi.

Namun sebelum perda itu diberlakukan tahun depan, pihaknya akan tetap melakukan himbauan agar para PKL pindah ke tempat yang sudah disiapkan. “Jika nantinya perda sudah berjalan, tidak ada lagi PKL yang tidak mengikuti aturan, karena kita bisa melakukan penindakan,” tambahnya.(ad)

Posting Terkait