Pemko Siapkan Rp 44 M Untuk Ganti Rugi Lahan Jembatan Siak IV

508 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Keberadaan Jembatan Siak IV sudah sangat mendesak, mengingat Jembatan Siak I sudah terlalu uzur dan tak akan bertahan lama. Terkait hal itu, Pemko Pekanbaru telah bersiap-siap untuk membebaskan lahan masyarakat yang terkena imbas pembangunan Jembatan Siak itu.

Untuk keperluan pembebasan lahan itu, Pemko telah menganggarkan dana kembali sebesar Rp 44 milyar. Setelah pada tahun 2007 gagal memperoleh kesepatan soal besarnya ganti rugi lahan itu, diharapkan pada tahun 2007 mendatang pembebasan lahan tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Walikota Pekanbaru Herman Abdullah mengatakan, pihak Pemprov Riau sendiri sangat mendukung pembangunan Jembatan Siak IV tersebut. Karena itu Gubernur Riau HM Rusli Zainal telah meminta Departemen PU untuk mendanai konstruksi dari jembatan tersebut.

Disebutkannya untuk pembangunan akses jalan sebelah selatan dan utara akan menjadi tanggung jawab Pemprov Riau. “Sedangkan untuk ganti rugi lahan warga yang terkena pembangunan jembatan dan jalan itu akan menjadi tanggungjawab Pemko Pekanbaru,” kata Herman lagi.

Sebenarnya poada tahun 2007 ini Pemko Riau sudah menganggarkan dana untuk pembebasan lahan tersebut. Namun karena tidak ada kesepakatan dengan warga pemilik lahan, dana tersebut dialihkan oleh Kimraswil untuk pembangunan dan merawat jalan yang ada di Pekanbaru.

Herman berharap masyarakat mendukung pembangunan Jembatan Siak IV ini dengan tidak lagi menaikkan harga tanahnya. “Sebab Jembatan ini akan sangat penting artnya bagi kepentingan masyarakat banyak,” tambah dia lagi.(Ad)

Posting Terkait