Pemprov Himbau Warga Pakai Batik Jumat Esok

165 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi Riau melalui gubernur Rusli Zainal menghimbau masyarakat Riau untuk menggunakan pakaian Batik pada Jumat 2 Oktober 2009 esok. Himbauan ini menyusul akan dilakukannya pengakuan batik Indonesia oleh lembaga dunia UNESCO PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada Jumat besok.

Karo Humas Sekdaprov Riau Zulkarnain Kadir didampingi Kabag Penerangan Chairul Rizki menyatakan, himbauan ini secara umum ditujukan kepada masyarakat dan khsususnya kepada instansi pemerintah dan swasta di Riau.

Menurut Chairul Rizki, himbauan ini merupakan respon pemprov Riau terkait himbauan yang sama oleh presiden SBY melalui media massa Kamis (1/10/09) ini. Riau sebagai daerah Indonesia juga memiliki produk Batik Riau yang juga telah diaplikasikan oleh Pemprov Riau sendiri. Dimana Pemprov Riau sejak 2009 ini telah mewajibkan seluruh Pegawai Negeri Sipil lingkungan pemprov Riau untuk menggunakan batik Riau pada setiap Kamis.

Sedangkan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) atau Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB, merupakan badan khusus PBB yang didirikan pada 1945. Tujuan organisasi adalah mendukung perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerja sama antar negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki. Rencananya, UNESCO akan memberikan pengakuan Batik Indonesia pada esok.(Surya)

Posting Terkait