Pemprov Riau Akan Bangun 800 Unit Rumah Untuk Masyarakat Miskin

559 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pada tahun 2009 mendatang Pemprov Riau akan membangun sebanyak 800 unit rumah sederhana layak huni untuk masyarakat miskin di daerah pedesaan. Pembangunan 800 unit rumah tersebut telah dianggarkan dalam APBD Riau 2009. 

Pembangunan rumah sederhana layak huni itu merupakan komitmen Pemprov Riau untuk membantu masyarakat miskin yang berada di desa-desa yang selama ini tinggal di rumah yang tidak layak. “Ini merupakan program rutin Pemprov Riau yang telah dijalankan sejak tahun 2005 lalu,” ungkap Plt Setdaprov Riau Herlian Saleh di Pekanbaru.

Dia menyebutkan sampai saat ini masih banyak masyarakat pedesaan tinggal di rumah-rumah yang tidak layak dan tidak sehat. Karena itu sejak tahun 2005 sampai 2008, Pemprov Riau bersama pemerintah kabupaten/kota melalui budget sharing telah membangun rumah yang layak bagi mereka.

Sampai saat ini, menurut dia rumah sederhana layak huni yang telah dibangun Pemprov Riau bersama pemerintah kabupaten/kota itu sudah sebanyak 8.789 unit. “Untuk tahun 2009 mendatang kita akan bangun lagi sebanyak 800 unit,” tambah dia lagi.

Herlian mengatakan lagi, program pembangunan rumah sederhana layak huni ini akan terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang mengingat manfaatnya bagi masyarakat desa sangat besar. “Kita akan terus melaksanakan program ini di masa-masa mendatang,” jelasnya.(Ad)



Posting Terkait