Pemprov Usulkan 6.669 Guru Honorer Jadi PNS

279 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau mengusulkan 6.669 guru honorer ini diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini bisa mengurangi beban APBD Riau akibat biaya rutin gaji guru honorer.


Sebab selama ini untuk membayar biaya rutin gaji guru honorer itu, Pemprov Riau harus mengeluarkan dana yang cukup besar yakni mencapai Rp200 miliar setiap tahunnya. Pengeluaran biaya sebesar itu selama ini dirasakan cukup membebani APBD Riau.

“Karena itu kami selalu mengusulkan para guru honor itu diangkat menjadi CPNS. Bahkan Gubernur Riau telah membuat surat khusus untuk memperjuangkan nasib guru honorer yang ada di Riau agar diangkat menjadi CPNS,” ungkap Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus.

Menurut dia, setiap tahun Pemprov Riau mengusulkan agar guru honorer itu diprioritaskan dalam formasi penerimaan CPNS. Tahun ini jumlah guru honorer Riau mengalami penurunan 430 orang. Jika dibandingkan 2009 lalu, jumlah guru honorer 7.173, namun dengan dibukanya formasi penerimaan CPNS dengan jalur umum akhirnya turun menjadi 6.669.

Sementara itu Wakil Ketua DPD RI, Abdul Gafar Usman mengatakan secara kelembagaan pihaknya akan berjuang di tingkat usat. Karena guru honorer itu harus sama statusnya dengan yang lain dan mempunyai standar kehidupa yang layak.(ad)

 

Posting Terkait