Pemudik di Riau Diminta Mewaspadai Banjir dan Longsor

132 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Para pemudik di Riau diminta untuk mewaspadai banjir dan longsor yang bisa saja terjadi di jalur jalan yang mereka lalui. Sebab berdasarkan pemantauan Dishub Riau, setidaknya ada 33 titik jalur mudik yang rawan di wilayah Riau.

Ke-33 titik jalur mudik itu tidak hanya rawan bencana alam saja, tapi juga rawan kecelakaan lalu lintas. Titik rawan itu terdapat di tiga lintasan mudik di Riau, masing-masing Lintas Timur, Lintas Barat dan Lintas Utara.

Kepala Seksi Pelayanan Teknis Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Riau, Budi Febrian kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, jalur lintas yang paling rawan terjadi kecelakaan adalah ke arah Sumatera Utara. Disini terdapat sebanyak 14 titik rawan/

Sedangkan untuk rawan bencana alam terdapat di Jalur Lintas Barat. Ada beberapa titik rawan longsor, seperti di KM 78 Rantau Berangin, Kabupaten Kampar. Longsor ini terjadi karena jalur jalan terdapat di antara perbukitan dan jurang.

Untuk menghadapi bahaya longsor ini, Dinas Perhubungan Riau berkoordinasi dengan Pekerjaan Umum akan menyiagakan alat berat di posko mudik yang didirikan tidak jauh dari lokasi tersebut. Jadi jika suatu waktu terjadi longsor, alat berat langsung dikerahkan ke sana.

Titik rawan banjir terjadi di Desa Teluk Berembun dan Ujungtanjung, Kabupaten Rokan Hulu. Untuk menghadapi hal itu, Dinas Perhubungan Riau telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu untuk menyiapkan personil selama H-7 hingga H+7 di sekitar kawasan rawan banjir itu.(ad)

Posting Terkait