PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA DENGAN POLDA RIAU Chevron Dukung Program Aksi Kemitraan Keselamatan Jalan

721 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Manajemen PT Chevron Pacific Indonesia dan petinggi Polda Riau pagi ini menandatangani Kesepakatan Bersama untuk Program Aksi Kemitraan Keselamatan Jalan (Road Safety Partnership Action atau RSPA) Tahap I di kantor Dirlantas Polda Riau, Pekanbaru.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wadirlantas Polda Riau AKBP Budi Indra Dermawan SIK, jajaran pimpinan Polda Riau, Manager Security Chevron Suparni, Manager Operational Excellence/Health Environment & Safety Chevron Agus Dahlan, dan Manager Communications Chevron Tiva Permata.

Tahap awal dari program RSPA ini adalah survei di lokasi-lokasi rawan kecelakaan lalu lintas di 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Survei akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2012. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan buku panduan RSPA untuk masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Chevron mendukung program RSPA yang dilaksanakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Riau (Dirlantas) karena kita mempunyai kesamaan tujuan, yaitu menciptakan lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar. Program ini merupakan langkah awal dari seribu langkah berikutnya untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas di Provinsi Riau,” tutur Suparni dalam sambutannya setelah penandatanganan Kesepakatan Bersama.

“Program yang akan berlangsung pada 2012 – 2013 ini akan diprioritaskan pada pembangunan desain keselamatan jalan bagi para pengguna jalan raya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) di Provinsi Riau. Kami ingin membuat jalur seperti di komplek Chevron sehingga siapapun yang masuk ke wilayah itu akan berlaku tertib sehingga dapat menurunkan angka kecelakaan di Riau,” tegas AKBP Budi Indra Dermawan, SIK.

Beberapa tahap kegiatan yang akan dilaksanakan pada RSPA:

∙Tahap I adalah survei lokasi black spot yaitu daerah rawan kecelakaan lalu lintas didasarkan pada analisa dan evaluasi kejadian kecelakaan lalu lintas pada periode tertentu. Hasil survei ini akan disusun buku panduan RSPA yang kemudian diserahkan kepada para pemangku kepentingan masalah lalu lintas di tingkat kabupaten/kota seprovinsi Riau. Para pemangku kepentingan ini kemudian akan membuat desain kawasan RSPA dengan berpedoman pada Buku Panduan yang telah disusun oleh Tim RSPA Provinsi Riau.

∙Tahap II adalah launching RSPA dan penyerahan buku panduan RSPA kepada pemangku kepentingan lalu lintas di tingkat Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau. Launching buku panduan direncanakan bersamaan dengan Forum Rapat Tahunan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Provinsi Riau.

∙Tahap III adalah tahap penilaian kawasan RSPA di seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau yang akan dilaksanakan 2 kali (setiap 6 bulan) dan pemberian penghargaan berupa pembangunan kawasan RSPA kepada kabupaten/kota yang mendapatkan nilai terbaik.

Program ini merupakan kelanjutan dari program Kemitraan Keselamatan di Jalan Raya yang di taja oleh Ditlantas dan Satlantas Polresta tahun 2011 di Pekanbaru. Dalam program tahun lalu, Chevron juga memberikan dukungannya bersama-sama dengan beberapa perusahaan yang mempunyai kepedulian yang sama di bidang keselamatan di jalan raya. Dalam program tahun 2011, sebanyak 1000 pengemudi bis dan truk mendapat pelatihan mengemudi dengan selamat dan 11 sekolah dan perguruan tinggi di Pekanbaru mendapatkan penyuluhan keselamatan bersepeda motor.(zas/rls)

Posting Terkait