Pencari Kerja di Pekanbaru Jadi Berlimpah

569 views
news6183PEKANBARU (RiauInfo) – Jumlah pencari kerja di Pekanbaru tergolong sangat tinggi bila dibandingkan lapangan kerja. Bahkan perbandingannya sudah tidak wajar lagi. Hal ini disebabkan tingginya arus mendatang dari daerah lain untuk mencari kerja di Pekanbaru.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru Drs Darius kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan tingginya arus mendatang ke Pekanbaru telah berdampak semakin tingginya jumlah pencari kerja di kota ini. “Hal ini tentunya akan memerlukan penanganan khusus oleh pemerintah,” jelasnya.

Kendati demikian, menurut dia, pihaknya akan terus berupaya menyalurkan tenaga kerja kepada perusahaan yang menginginkan dan juga melati tenaga kerja untuk berwira usaha. “Hanya melalui upaya inilah penanganan ketenaga kerjaan di Pekanbaru bisa diatas,” tambahnya.

Dia menyebutkan, mengingat terbatasnya lapangan yang ada, pihaknya lebih cenderung memberikan pelatihan atau pembinaan terhadap para pencari kerja agar nantinya bisa terjun di dunia usaha. Pada tahun 2007 lalu telah dialokasi Rp 1,4 miliar untuk program wira usaha bagi tenaga kerja.

Darius juga mengatakan pada tahun 2008 ini angka pencari kerja di Pekanbaru mengalami menurunan sebesar 5.000 ribu orang dari 22 ribu tahun lalu. Hal ini tentunya patut disyukuri, mengingat persediaan lapangan kerja mengalami pertumbuhan sebesar empat persen.(Ad)

 

Posting Terkait