PENCEMARAN ASAP MENGANCAM KOTA BERTUAH… Kebakaran Hutan Lahan Terjadi di 10 Daerah

544 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kota Pekanbaru yang sedang banyak menerima tamu dari berbagai provinsi terancam oleh kabut asap kebakaran hutan dan lahan. Keadaan itu menyusul hanya Kota Bertuah saja yang tidak mengalami kebakaran hutan dan lahan dari 11 kabupaten/kota di Riau. Sedikitnya satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 mencatat 48 titik api tersebar di 10 daerah Riau, Sabtu (20/6/09) ini.

Sementara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat temperatur tinggi mencapai 34,3 derjat celsius dan cuaca cerah mewarnai Riau sepanjang siang ini.

Sedangkan penyebaran titik api berada di daerah Kabupaten Pelalawan terbanyak dengan 9 titik. Berikutnya daerah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar dan Inderagiri Hulu masing-masing menjadi korban 6 titik api. Sebanyak 5 titik api lagi menyala di daerah Kabupaten Inderagiri Hilir.

Selanjutnya daerah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis dan Siak masing-masing mengalami 4 titik kebakaran hutan dan lahan. Tidak ketinggalan daerah Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Dumai masing-masing dengan 2 titik api. Sehingga jumlah kebakran hutan dan lahan mencapai 48 titik di wilayah Provinsi Riau hari ini.

Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, hembusan angin umumnya bertiup dari arat Barat Daya menuju Selatan. Namun kebakran hutan dan lahan yang menyala di 10 daerah lainnya membuka peluang asap menyelimuti Kota Pekanbaru.

Sedangkan peluang hujan kembali menipis di Riau. BMKG memperkirakan hanya ada peluang hujan riangan di sejumlah daerah Riau pada malam nanti. BMKG menilai perkembangan kebakran hutan dan lahan perlu diwaspadai di Riau.(Surya)

Posting Terkait