PENDAFTARAN DIBUKA HINGGA AKHIR MARET Lagi, Chevron Buka Kesempatan Magang bagi Mahasiswa PT Riau

661 views
PENDAFTARAN DIBUKA HINGGA AKHIR MARET

PENDAFTARAN DIBUKA HINGGA AKHIR MARET

PEKANBARU (RiauInfo) – PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (P2K2) Universitas Riau (UR), kembali menggelar seleksi peserta program permagangan khusus bagi mahasiswa terpilih dari lima perguruan tinggi di Riau.

Pada program yang diberi nama Cooperative Education (COOP atau Program Belajar Bekerja Terpadu) itu CPI menyediakan 41 posisi di berbagai departemen di daerah operasi Chevron di Rumbai, Minas, Duri dan Dumai bagi mahasiswa untuk menimba pengalaman kerja selama 6 bulan dengan imbalan pendapatan layaknya karyawan pemula.

COOP diperuntukkan bagi mahasiswa yang terpilih melalui proses seleksi yang dilakukan P2K2 UR dalam dua tahap, yaitu tes tertulis dan wawancara oleh tim khusus P2K2 dan perwakilan departemen yang akan menggunakan jasa mahasiswa peserta. Kesempatan ini dibuka bagi mahasiswa UR, Universitas Islam Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim, Universitas Lancang Kuning, dan Politeknik Caltex Riau.

General Manager Policy, Government & Public Affairs Sumatra Djati Sussetya menyampaikan bahwa program COOP merupakan program kemitraan yang sangat strategis, karena melibatkan perguruan tinggi, pemerintah dan dunia usaha. ”Program ini memberikan dampak yang positif tidak hanya bagi para mahasiswa yang menjadi peserta, tapi juga bagi dunia usaha, khususnya perusahaan selaku pengguna jasa,” sambung Djati.

Saat ini P2K2 telah membuka pendaftaran bagi calon peserta COOP semester pertama 2010. Syaratnya, antara lain: mahasiswa yang bersangkutan telah menyelesaikan mata kuliah teori atau minimal 110 SKS, IPK minimal 2,75 dan berasal dari lima PT terbesar di Riau tersebut.

Mahasiswa yang dibutuhkan berasal dari jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Sementara untuk bulan April, akan ada proses seleksi lagi untuk jurusan Manajemen, Komunikasi, Administrasi Niaga, dan FKIP Bahasa Inggris.

”Proses seleksi akan memakan waktu kurang lebih satu bulan, dan melibatkan pihak P2K2 dan wakil dari Departemen CPI di mana mahasiswa tersebut akan bertugas. Mahasiswa yang lulus seleksi akan ditempatkan di departemen Finance, Supply Chain Management, Medical, IT dan Human Resources.

Program COOP di CPI telah berlangsung sejak 2006 dan telah menyertakan lebih dari 150 mahasiswa dari berbagai PT di Riau. Melalui COOP Chevron memberikan peluang bagi calon sarjana untuk terjun di dunia kerja.

Manager GR/CE Specific Area Imamul Ashuri Imamul selaku penangung-jawab program ini menjelaskan bahwa saat ini dibutuhkan kajian mengenai seberapa jauh keberhasilan program COOP ini baik bagi Chevron selaku pengguna jasa, maupun mahasiswa dan PT selaku pihak penyedia jasa. ”Indikator keberhasilan ini mutlak diperlukan agar COOP lebih terukur keberhasilannya dan lebih terarah, sehingga bisa dikembangkan lebih baik,” tambahnya lagi.

Selain COOP, Chevron juga membantu mahasiswa dari berbagai PT di tanah air dengan menyediakan peluang untuk melakukan kerja praktek/KP, dan tugas akhir/TA. Sementara untuk siswa SMK di wilayah operasi, Chevron menyediakan program magang bersinergi dengan sekolah-sekolah bersangkutan.(ad)

Posting Terkait